kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jasa desain curriculum vitae pun ada pasarnya


Selasa, 24 Mei 2016 / 15:22 WIB
Jasa desain curriculum vitae pun ada pasarnya


Reporter: Elisabeth Adventa | Editor: Havid Vebri

Curriculum vitae atau biasa disebut CV merupakan hal sangat penting bagi para pelamar kerja. Dulu, CV dibuat seformal mungkin dengan desain polos dan punya patokan susunan.

Saat ini, desain tampilan CV tidak lagi selaku itu. Semakin kreatif desainnya, semakin menarik CV tersebut untuk dibaca oleh perusahaan. Namun tidak semua orang dianugerahi kemampuan mendesain secara kreatif.

Dan, tidak semua orang punya niat untuk serius mendesain CV-nya, meskipun mereka tahu bahwa desain CV jadi awal indikator penentu lolos atau tidaknya lamaran mereka.

Peluang itulah yang ditangkap oleh dua penyedia jasa desain CV, yakni desaicv.com asal Karanganyar, Jawa Tengah dan CV Designer asal Semarang, Jawa Tengah.

Firmansyah Wahyudiarto, pemilik desaincv.com memulai bisnis jasa desain CV sejak 2014. Idenya datang dari pengalaman pribadi Firman sewaktu melamar kerja ke perusahaan.

Saat itu, ia berusaha mendesain CV-nya dan berhasil dipanggil untuk langkah selanjutnya. "Waktu saya masukan CV ke perusahaan, saya desain sendiri. Teman-teman saya komentar, kok bagus, akhirnya banyak yang tertarik. Lalu saya buka jasa ini," terangnya.

Berbeda dengan pemilik CV Designer, Mozart Sebastian yang mengaku iseng saja melakoni bisnis jasa desain CV ini sejak April 2016. Ia tergolong pemain baru dalam bisnis ini. Meski baru melakoninya, Mozart mengaku respon masyarakat dan teman sekitarnya cukup antusias.

Ide awal Mozart datang dari sang pacar yang bulan lalu mau melamar pekerjaan dan butuh desain menarik untuk CV-nya. "Saya minta tolong teman untuk bantuin desain CV pacar saya dan dibanderol Rp 350.000. Mahal banget. Akhirnya saya desain sendiri," terang Mozart.

Dari situlah ia menyadari peluang bisnis jasa desain CV cukup menjanjikan. Desaincv.com kini memiliki total 110 desain dalam bentuk template.

Pelanggan bebas memilih desain melalui web, kemudian jika sudah pasti, desain dikirimkan lewat email. Semua desain digunakan untuk aplikasi Ms Word. "Ada yang untuk powerpoint, tapi di web dan brand terpisah," terang Firman.

Harga desain kreasi desaincv.com dibanderol mulai Rp 14.000-Rp 69.000. Dalam satu hari minimal satu pemesan, bisa tiga orang lebih jika sedang ramai. Dalam satu bulan kurang lebih ada 70 orang yang memesan. Praktis, omzet yang dikantongi Firman minimal Rp 5 juta per bulan.

Sedangkan desain debutan CV Designer milik Mozart dibanderol mulai Rp 75.000-Rp 100.000 per desain. "Kalau desainnya custom dan rumit mulai Rp 100.000 per desain. Jika sederhana Rp 75.000 per desain," ujarnya.

Karena belum genap sebulan ia menawarkan jasa ini, pelanggan masih sekitar 20 orang. Beberapa minggu berjalan, Mozart sudah mengantongi omzet hingga Rp 2 juta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×