kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kemenkominfo & Blanja.com gandeng UKM go online


Kamis, 10 Agustus 2017 / 21:37 WIB
Kemenkominfo & Blanja.com gandeng UKM go online


Reporter: Elisabeth Adventa | Editor: Johana K.

JAKARTA. Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) bekerjasama dengan BLANJA.com, Asosiasi Ecommerce Indonesia (idEA) dan Pemerintah Daerah mengadakan program Go Online bagi UKM.

Direktur Pemberdayaan Informatika, Septriana Tangkary menyatakan Indonesia memiliki 57,9 juta pelaku UKM. Maka, UKM dipilih sebagai representasi ekonomi rakyat karena dapat menyerap tenaga kerja hampir 90% serta memberikan kontribusi sebesar 58% pada Produk Domestik Bruto (PDB).

Untuk mencapai target satu juta UKM Go Online, Kemenkominfo, idEA dan BLANJA.com akan melakukan roadshow di lima kota, yaitu Semarang, Tanjung Pandan Belitung, Cimahi, Bandung Barat dan Jambi. Terdapat kurang lebih 1.500 UKM lokal dari lima kota tersebut yang siap Go Online.

"Ke depannya, sinergi ini akan terus menyasar kota-kota lainnya di Indonesia. Edukasi dan pelatihan ini juga mendapatkan dukungan penuh dari pemerintahan setempat," terang Septriana.

Vice President BLANJA.com, Fikri berharap UKM bisa #BeraniMulai memasuki platform online untuk memasarkan produk-produk Asli Indonesia yang berpotensi besar untuk meningkatan ekonomi nasional. “Kami memfasilitasi dan mengedukasi para UKM tentang cara membuat toko online hingga bagaimana cara mengelolanya. Tak hanya itu, kami juga mempraktikan langsung cara foto produk yang baik agar produk mereka dapat bersaing," ungkapnya.

Fikri pun menambahkan, lewat edukasi UKM Go Online ini, UKM bukan hanya akan menjadi pedagang online, tapi juga menjadi pebisnis online. Sehingga komitmen pemerintah dengan program 1 juta UKM dapat memberikan dampak yang optimal terhadap perekonomian daerah.

Tak hanya itu, saat ini, BLANJA.com tengah menyeleksi dan menyiapkan beberapa UKM terbaik yang akan dibawa ke pasar Internasional melalui platform eBay. Semoga hal ini menjadi motivasi bagi UKM yang sudah online untuk meningkatkan kualitas dan kompetensinya untuk Go Internasional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×