kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Menakar peluang pusat perkakas Modena


Kamis, 09 Maret 2017 / 18:18 WIB
Menakar peluang pusat perkakas Modena


Reporter: Danielisa Putriadita, Klaudia Molasiarani | Editor: Johana K.

Kebutuhan peralatan rumah tangga dinilai menjadi sesuatu yang penting dan terus mengalir. Beberapa pemain produk peralatan rumah tangga pun mengambil peluang dengan menawarkan kemitraan atau keagenan hingga distribusi produk.

Seperti Modena Home Center (MHC) yang saat ini tengah menawarkan waralaba. Robert Widjaja, Vice President of Customer Management Modena Indonesia mengatakan bisnis ritel MHC sudah berdiri sejak tahun 1981. Kini, untuk memperkuat brand awaresness, mereka pun menaawarkan sistem kemitraan.
Saat ini, MHC sudah memiliki lima outlet yang tersebar di wilayah Kalimalang, Kelapa Gading, Bekasi (Grand Wisata), dan Tangerang. “Dalam waktu dekat akan dibuka satu Modena Home Center di Villa Melati Serpong,” kata Robert.

Robert bilang, sistem kemitraan perusahaan ritel ini dibentuk dengan kepemilikian 100% oleh mitra. Adapun MHC pusat berperan dalam hal dukungan pengadaan produk, sistem operasional dan administrasi, sumber daya manusia, serta program penjualan dan pemasaran.

Bagi Anda yang ingin mengambil tawaran kemitraan ini, MHC menawarkan paket investasi senilai Rp 250 juta. Mitra berhak menggunakan merek selama tiga tahun, desain dan produksi booth, pengadaan unit display, sumber daya promoter (SPG/SPM), promo penjualan dan program pemasaran, perlengkapan outlet dan renovasi minor. Robert mengklaim,  keunggulan MHC terletak pada desain modern dengan model rancangan beragam, sesuai dengan konsep dapur yang diinginkan. Selain itu, produk lengkap dan banyak.

Sebagai gambaran, MHC menawarkan berbagai macam produk home appliances, mulai kategori cooking, cleaning, dan cooling. Produknya seperti, freestanding cooker, kompor tanam, oven tanam, microwave, water heater, mesin pengering pakaian, kulkas, water dispenser, vacuum cleaner, dan lainnya, yang dibanderol mulai dari Rp 1 juta-Rp 30 juta per item.
 

Pemasaran kencang

Tak hanya melayani penjualan, MHC juga menjadi tempat kegiatan demo produk, peluncuran produk baru dan kelas memasak bagi komunitas. Melalui aktivitas tersebut, satu gerai MHC bisa membukukan omzet hingga ratusan juta per bulan.

Kemitraan ini tak mengutip biaya royalti. Robert bilang, pusat akan memberi dukungan penyediaan produk dan materi promosi. “Pengiriman barang besar ke konsumen langsung dari pusat,” imbuh Robert.
Setelah dikurangi biaya operasional dan lainnya, laba bersih yang diterima mitra sebesar 10% dari omzet. Mitra  diperkirakan bisa mengembalikan modal dalam satu tahun.  

Konsultan Franchise Djoko Kurniawan menilai bahwa prospek bisnis yang menunjang gaya hidup seperti peralatan rumah tangga masih akan berjaya di tahun 2017. Dalam penilaiannya, nilai penawaran waralaba masih masuk akal untuk mencapai balik modal dalam setahun. “Secara investasi masih masuk akal dalam range suatu bisnis yang oke untuk dipilih,” kata Djoko.

Agar keuntungan ini tercapai, Djoko mengingatkan franchisor untuk gencar berpromosi guna membangun kesadaran brand MHC. “Jadi harus dieksplor awareness-nya, marketing harus kuat karena sekarang pola orang belanja elektronik itu membandingkan dengan barang yang ada di toko lain,” kata Djoko.          n


Modena Indonesia
Jl. Prof. Dr. Satrio
Kav C4 No. 13
Jakarta
Telp. (021) 29969500

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×