kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Peluang segar bisnis minuman teh dingin


Kamis, 26 November 2015 / 15:45 WIB
Peluang segar bisnis minuman teh dingin


Reporter: Jane Aprilyani | Editor: Tri Adi

Gerai minuman teh dingin dengan tambahan aneka topping Each A Cup asal Singapura, menawarkan kemitraan usaha di Indonesia. Paket investasinya Rp 300 juta. Mitra dapat peralatan usaha, bahan baku awal hingga pelatihan. Target balik modal kurang dari setahun.

Peluang bisnis minuman dingin masih terus menggeliat. Pangsa pasar di dalam negeri yang besar membuat merek-merek asing tergiur meluaskan pasar di Indonesia. Salah satunya adalah Each A Cup asal Singapura. Gerai minuman teh yang telah berdiri sejak tahun 1999 ini mulai berekspansi ke Indonesia pada Juni 2013 silam lewat PT Cipta Selera Inti Boga.

Each A Cup menawarkan minuman teh khas Singapura dengan aneka varian dan topping. Kini sudah ada 40 gerai Each A Cup di Singapura, 100 gerai di Malaysia, dan tiga gerai di Indonesia, diantaranya di Mall Artha Gading, Bintaro Exchange, dan Binus Kemanggisan.

Jika Anda tertarik bergabung, cukup siapkan dana sekitar Rp 300 juta. Mitra akan mendapatkan hak lisensi merek selama lima tahun, bahan baku untuk satu bulan pertama, perlengkapan usaha dan juga pelatihan karyawan. Nilai ini belum termasuk sewa tempat usaha yang luasnya minimal 20 meter persegi (m²).

Cecilia Velita, Direktur PT Cipta Selera Inti Boga menyampaikan, mitra tidak dikenakan biaya royalti namun wajib membeli bahan baku utama dari pusat untuk menjaga standar kualitas produk. Saat ini tersedia kurang lebih 70 varian rasa, seperti chocolate oreo, strawberrry snowshake, ice cream fresh milk coffee, taro milk tea, hazelnut milk tea, dan lainnya. Tiap produk bisa ditambah aneka topping seperti pearl, manggo pudding, azuki beans, mesona jelly, lychee fruit, dan lainnya.

Harga jual produk berkisar Rp 23.000 per gelas. Gerai ini juga menjual minuman kopi dan cokelat berbagai varian rasa. Cecilia bilang, satu gerai bisa menjual 200 gelas hingga 300 gelas per minggu. Dengan begitu, mitra bisa meraup omzet Rp 3 juta per hari atau Rp 100 juta per bulan.


Harus gencar promosi
Setelah dikurangi biaya pembelian bahan baku, sewa tempat, dan gaji pegawai, mitra diprediksi meraup laba bersih 30%. Sehingga balik modal bisa kurang dari setahun.

Satu gerai cukup mempekerjakan tiga orang karyawan. Cecilia bilang kelebihan Each A Cup adalah produk minuman ini sedang populer namun dengan citarasa yang berbeda dan disukai semua kalangan karena bahan baku dari bahan pilihan. "Ke depan, targetnya bisa menggandeng lima mitra anyar per tahun," ujarnya.

Khoerussalim Ikhsan, Konsultan Waralaba dari Entrepreneur College menuturkan, merek yang tergolong masih baru ini perlu ada keistimewaan dari produk lain yang sudah ada agar bisa bersaing.

Calon mitra pun harus mengerti bahwa untuk berkembang di Indonesia butuh waktu cukup karena master franchise harus mengenalkan produk di masyarakat. Sehingga strategi pusat adalah harus ekstra mengedukasi produk ke masyarakat. Pemilihan tempat juga jadi salah satu poin untuk mendapatkan omzet yang tinggi.  

PT Cipta Selera Inti Boga           
Jl. Hayam Wuruk No. 2BB lantai 3, Jakarta Pusat
HP: 082178882030

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×