kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pendiri YCAB raih award di PBB summit


Rabu, 20 September 2017 / 13:47 WIB
Pendiri YCAB raih award di PBB summit


Reporter: Rizki Caturini | Editor: Rizki Caturini

KONTAN.CO.ID - Wirausahawan sosial Indonesia pendiri Yayasan Cinta Anak Bangsa (YCAB Foundation), Veronica Colondam, terpilih menjadi Solution Maker 2017 di pertemuan tahunan United Nations Solutions Summit, yang berlangsung 19-21 September 2017di Markas Besar Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Tahun ini ada sembilan Solution Makers yang terpilih dari berbagai negara di dunia. Para Solution Maker terpilih adalah orang-orang yang memberikan solusi yang tepat guna untuk mengatasi persoalan-persoalan global yang menjadi agenda PBB. 

Pada kesempatan tersebut, Veronica membagikan kisah inspiratifnya dalam menginisiasi dan menjalankan YCAB’s Premise for Change, sebuah solusi yang menyatukan akses terhadap kredit mikro dan pendidikan untuk masyarakat pra-sejahtera. Program pemberdayaan ini dikhususkan bagi para ibu pelaku usaha kecil agar mereka bisa meningkatkan penghasilan.

Menariknya, kriteria yang harus dipenuhi untuk mendapatkan kredit mikro adalah keharusan anak-anaknya tetap sekolah. “Pendidikan adalah kunci utama menuju kemandirian dan kesejahteraan. Program YCAB’s Premise of Change lebih menekankan pemberdayaan keluarga pra sejahtera yang memiliki peluang untuk mandiri,” papar Veronica dalam siaran pers, Selasa (19/9).

Keuntungan yang didapat dari usaha kredit mikro YCAB digunakan kembali untuk mendanai program-program pendidikan bagi anak-anak dan pemuda kurang mampu, serta anak putus sekolah.  YCAB memiliki 50 pusat edukasi yang menyediakan layanan di antaranya Pendidikan Dasar, program Inklusi Digital, serta program Literasi Bahasa Inggris untuk meningkatkan kemampuan soft skills dan hard skills.

YCAB juga memberikan program pelatihan vokasi dan akses ke lapangan pekerjaan, bekerja sama dengan berbagai komunitas lokal, bisnis serta pemerintah. Integrasi fungsi-fungsi tersebut terangkum dalam situs Generasi Bisa! (Can-Do Generation).

Sejak 2009, program kredit mikro YCAB telah menjangkau 103.243 perempuan pelaku usaha kecil, 78% di antaranya telah merasakan dampak positif berupa peningkatan keuntungan usaha hingga sebesar 30%. Sementara itu, di bidang pendidikan dan kewirausahaan, YCAB telah menjangkau lebih dari 3,3 juta pemuda kurang mampu.

YCAB telah bekerja sama dengan lebih dari 9.000 sekolah dan telah memberikan pelayanan pendidikan dasar serta kelas-kelas untuk lebih dari 45,615 pemuda. Di antara mereka, 72% telah mendapatkan pekerjaan dari terbukanya 3.029 peluang kerja. Selain itu, 377 anak muda lainnya telah membangun usaha sendiri.
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Berita Terkait



TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×