kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Adam mencari mitra menata rambut pria


Kamis, 17 April 2014 / 13:17 WIB
Adam mencari mitra menata rambut pria
ILUSTRASI. 4 Cara Cek Kuota Telkomsel via Aplikasi hingga Kode UMB


Reporter: Pratama Guitarra | Editor: Rizki Caturini

MEMANGKAS rambut sudah menjadi kebutuhan bagi setiap orang. Makanya, bisnis jasa pangkas rambut tetap akan berprospek baik. Salah satu pebisnis yang menjajal usaha ini adalah Khoerul Anwar dengan mendirikan usaha Adam Barber di Sleman, Yogyakarta, Jawa Tengah.

Usaha Khoerul ini baru berdiri tahun 2012. Agar bisnisnya bisa bertahan lama dan mampu bertahan di tengah persaingan, Khoerul menawarkan layanan tambahan selain pangkas rambut. Di antaranya pijat badan, pewarnaan rambut, creambath, hair mask, dan hair spa. Tarif  jasa potong mulai Rp 7.000 per kepala. Adapun untuk layanan tambahan lainnya mulai dari Rp 15.000 hingga Rp 150.000.

Meski baru membuka bisnis sendiri, Khoerul percaya diri untuk langsung membuka tawaran kemitraan. Meski belum memiliki mitra hingga kini, tapi ia sudah memiliki empat gerai sendiri yang tersebar di Sleman dan Yogyakarta.

Dia mengklaim, tarif potong rambut di gerai yang mayoritas didatangi kaum pria ini terbilang lebih murah ketimbang pangkas rambut lainnya.
Ingin bergabung menjadi mitra? Khoerul mengemas dua paket investasi. Pertama, paket mitra standar senilai Rp 55 juta. Dengan dana investasi sebesar itu, mitra akan mendapatkan peralatan lengkap, bahan baku, alat promosi, dan kursi khusus untuk pangkas rambut sebanyak dua unit.

Kedua, paket mitra eksklusif senilai Rp 100 juta. Hampir sama dengan yang sebelumnya, hanya saja peralatan yang didapat mitra lebih banyak, yakni empat unit kursi khusus plus tenaga kerja dari pusat. "Mitra hanya diwajibkan mencari lokasi dan pusat akan ikut survei untuk menentukan lokasi usaha," ujar Khoerul.

Perhatikan branding

Mengacu pada empat gerai cabang Khoerul yang sudah beroperasi, rata-rata pelanggan berkunjung sebanyak 45 orang per hari. Ia menghitung omzet yang didapat sekitar Rp 30 juta sebulan. Setelah di potong biaya sewa tempat, gaji karyawan dan pembelian bahan baku dari pusat seperti tonik rambut dan sampo, mitra bisa meraup laba bersih paling besar hingga 50% dari omzet. Artinya, mitra bisa balik modal kurang dari setahun.

Dalam kerjasama ini, mitra akan ditarik biaya royalti 5% dari omzet.  Pengamat waralaba Khoerussalim Ikhsan mengatakan, bisnis pangkas rambut masih menjanjikan. Pasalnya, bisnis ini menawarkan sesuatu yang sudah menjadi kebutuhan masyarakat secara terus-menerus. Apalagi, Adam Barber tak hanya menawarkan pangkas rambut saja, namun juga beberapa layanan lainnya. "Sehingga omzet yang didapat berasal dari beberapa sumber, tidak hanya potong rambut," ujar Ikhsan.

Jika berminat membuka barbershop di kota-kota besar, sebaiknya mitra fokus melakukan strategi branding pada masa awal bisnis. Selain itu, layanan juga harus punya keunggulan, sehingga ada daya tarik bagi konsumen.    

Adam Barber          
Jl. Kamdanen No.15, Sariharjo Ngaglik, Sleman, Yogyakarta                         

HP: 0857 29551201

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×