kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Agar bisa tembus pasar luar negeri


Jumat, 29 April 2016 / 14:35 WIB
Agar bisa tembus pasar luar negeri


Reporter: Roy Franedya | Editor: Roy Franedya

Barang yang mampu tembus pasar luar negeri memberikan keuntungan lebih bagi pengusaha. Citra barang yang lebih baik dan harga yang lebih kompetitif bisa didapatkan. Namun untuk menembus pasar luar negeri tidaklah mudah.

Toto Dirgantoro, Sekretaris Jenderal Gabungan Perusahaan Ekspor Indonesia (GPEI) mengatakan ada beberapa hal yang harus dimiliki agar barang bisa dijual di luar negeri. Pertama, kualitas produk. Produk yang masuk ke sebuah negara harus memenuhi standar mutu dari negara tersebut. Pemenuhan standar ini bisa dengan mengantongi lisensi yang diterbitkan oleh negara tujuan ekspor. Cara ini dianggap paling tepat agar barang yang diekspor tidak mendapat penolakan.

Kedua, pembeli (buyer). Agar barang bisa diekspor harus ada pembeli potensial (buyer) di negara yang dituju. Banyak eksportir yang menemukan pembeli ketika mengikuti pameran. Jadi jangan pernah sungkan untuk ikut pameran di luar negeri.

Ketiga, administrasi dan dokumen. Setelah mendapatkan pembeli, lalu menentukan sistem pembayaran, kualitas, spesifikasi, dan harga barang, dll, mempersiapkan dokumen-dokumennya hal yang harus dilakukan. Eskportir wajib memiliki pengetahuan umum tentang prosedur ekspor dan menjalankannya sesuai dengan aturan main yang berlaku. Misalnya, contract process, letter of credit (L/C), opening process, cargo shipment process, dan shipping  document negotiation process.

Toto menegaskan, pemenuhan dokumen dan administrasi mutlak agar proses ekspor berjalan baik tanpa halangan. "Proses kepabeanan jadi yang paling krusial diurus. Jika tidak memenuhi, pengiriman barang bisa batal," tegas Toto.
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×