kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Andi Susanto: Perintis bisnis sewa online di Indonesia (1)


Senin, 02 Januari 2012 / 14:17 WIB
Andi Susanto: Perintis bisnis sewa online di Indonesia (1)
ILUSTRASI. PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) berupaya terus mengembangkan bisnisnya, terutama di sektor hilirisasi nikel.


Reporter: Hafid Fuad | Editor: Tri Adi

Andi Susanto sukses mengembangkan bisnis penyewaan kamera. Di bawah bendera PT Megawastu Solusindo dan PT Megawastu Digital, dia mendirikan sewakamera.com untuk melayani penyewaan berbagai perlengkapan fotografi.

Portal sewakamera.com tayang pada 2006. Layanan online ini merupakan kelanjutan dari kegemarannya memotret sejak 2004. Saat ketagihan pada dunia foto inilah dia kemudian aktif pada komunitas fotografi.

Aktif di komunitas fotografi membuatnya sadar bahwa kebutuhan perlengkapan fotografi semakin berkembang. Dia melihat setiap fotografer, baik amatir maupun profesional, selalu ingin mencoba berbagai body dan lensa kamera.

Namun, ketersediaan biaya dan minimnya tempat penyewaan alat-alat fotografi membuat sebagian besar teman-temannya tidak bisa menyalurkan keinginannya tersebut. "Harga peralatan fotografi dan kamera baru kian mahal," kata Andi.

Andi mengungkapkan, sebagian besar teman-temannya di fotografi juga enggan gonta-ganti kamera karena harga jual kamera jauh lebih murah dibanding saat membeli kamera baru. "Jadi harga akan lebih murah kalau hanya sewa kamera," ujarnya.

Timpangnya harga baru dan harga seken inilah yang dilihat Andi sebagai peluang bisnis. Ia pun mulai berfikir untuk berbisnis penyewaan kamera dan peralatan fotografi. Hingga pada 2006 lahirlah sewakamera.com. Untuk melayani pelanggannya, dia kemudian mendirikan dua cabang di Jakarta dan di Denpasar, Bali.

Andi menghitung, sekarang kedua gerainya sudah memiliki sekitar 4.000 pelanggan baik fotografer profesional maupun amatir. Semua terdata rapi sehingga Andi mengaku bisa mengetahui produk mana yang digemari pelanggan atau produk yang disewa paling lama oleh pelanggan.

Dengan pendataan yang rapi pula, Andi mengaku bisa terus menambah berbagai produk untuk disewakan. Ia beranggapan, semakin lengkap koleksi sewa, pelanggan bakal semakin puas. "Sistem data yang baik sangat diperlukan dalam bisnis saat ini," ujar ayah dari dua anak ini.

Andi mengklaim, sewakamera.com merupakan perintis jasa penyewaan perlengkapan fotografi online. Menurutnya, bisnis secara online menjadi pilihannya karena pengguna internet semakin hari kian bertambah banyak dan tambah meluas. Selain memiliki daya jangkau yang luas, internet juga media pemasaran yang efektif.

Andi menyewakan berbagai macam peralatan fotografi dan kamera dengan variasi harga antara Rp 25.000 hingga Rp 350.000 per hari. Khusus untuk sewa body kamera, tarifnya antara Rp 160.000 hingga Rp 600.000 per hari. Dari usaha ini, dia mengaku memperoleh omzet di atas Rp 100 juta sebulan.

Jika sewakamera.com berada di bawah Megawastu Digital, Megawastu Solusindo bergerak di bidang penyewaan personal computer (PC) untuk perbankan, terutama untuk perdagangan atau trading saham. Berdiri pada 2003, Megawastu Solusindo saat ini melayani penyewaan komputer di 10 bank besar di Tanah Air.

Andi mengaku, dengan tarif sewa Rp 500.000 hingga Rp 1 juta per bulan, omzet per bulan dari bisnis ini mencapai Rp 500 juta. Bisnis sewa PC digeluti Andi dengan berbekal pengalaman bekerja di sebuah perusahaan internasional. "Saya telah melakukan analisis pasar sebelum benar-benar masuk ke bisnis ini," katanya.

Perusahaan tempatnya bekerja dahulu bergerak di bidang penyediaan data arus perdagangan yang sensitif dan akurat. Data-data tersebut membutuhkan penanganan khusus karena sangat kompleks.

Karena menangani data yang kompleks, komputer tidak boleh rusak terutama dalam jangka waktu lama. "Perusahaan saya menjamin, PC tersebut tidak bermasalah dalam jangka waktu lama," klaim Andi.

Bermodal kredibilitas yang dibangunnya semasa bekerja, dia nekat meminjam modal bank untuk menjalankan usaha penyewaan PC dan kemudian berkembang ke penyewaan alat potret. Ia mengaku untuk menjalankan bisnis sewa memang butuh modal di awal usaha.

(Bersambung)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×