Kontan News
  : WIB    --   
indikator  I  

Anita sukses bisnis perlengkapan shalat anak (1)

Anita sukses bisnis perlengkapan shalat anak (1)

Merintis usaha tahun 2007, kini Anita Suryawati sukses menjadi produsen perlengkapan shalat anak di Sidoarjo, Jawa Timur. Di bawah bendera usaha CV Jaya Sentosa Garment, Anita bisa meraup omzet ratusan juta dalam sebulan.

Ide awal bisnis ini bermula ketika ia mencari perlengkapan shalat untuk anaknya yang baru masuk sekolah level play group. "Saat itu anak saya menginginkan sajadah dengan gambar-gambar kartun," ujarnya.

Untuk menenuhi permintaan anaknya itu, ia pun mencarinya ke sejumlah toko dan pasar di Sidoarjo. Lantaran tak ditemukan, ia juga mencoba mencari lewat toko-toko online di internet.

Namun sama saja, sajadah yang dimaksud tak kunjung didapat. Akhirnya, Anita pun terpikir untuk membuat sendiri sajadah tersebut demi buah hatinya. "Waktu itu saya buatkan sajadah dengan gambar kartun Spongebob dan Spiderman," ujar Anita.

Sejak menggunakan sajadah gambar kartun itu, anaknya lebih mudah diajarkan shalat. Padahal, sebelumnya, anaknya ini  terhitung aktif dan tidak bisa diam, sehingga sulit dilatih shalat.

Lantaran di sekolah sering belajar shalat, anaknya kerap membawa sajadah kartun tersebut ke sekolah. Ternyata, di sekolah banyak teman-temannya yang menginginkan sajadah yang sama.

Maka, mulailah Anita membuatkan sajadah dan dijual secara satuan. Lambat laun, produk sajadahnya itu makin dikenal luas di Sidoarjo. Kini, pemasaran sajadahnya tidak terbatas di wilayah Sidoarjo saja. Dengan dibantu delapan distributor resmi serta ratusan reseller online, produknya kini  tersebar di pelbagai wilayah Indonesia.

Lantaran permintaan terus meningkat, ia pun memperbanyak variasi produk. Selain sajadah anak, Anita juga memproduksi mukena, sarung, dan aneka baju muslim untuk anak.

Anita kini mampu memproduksi perlengkapan shalat anak sebanyak 800 hingga 1.000 buah per bulan. Untuk sajadah anak dibanderol mulai Rp 140.000 hingga Rp 155.000 per buah. Sementara, paket sajadah dan baju muslim anak dihargai Rp 265.000 per paket.

Lantaran fokus membidik anak-anak, produk perlengkapan shalatnya ini tetap didominasi warna ceria lengkap dengan gambar tokoh kartunnya.
       

(Bersambung)


SUMBER : Kontan 9/10/2012
Editor Havid Vebri

INSPIRASI ANITA SURYAWATI

Feedback   ↑ x