kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45913,59   -9,90   -1.07%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ban menggelinding, laba pun mengalir


Sabtu, 04 Juni 2016 / 05:05 WIB
Ban menggelinding, laba pun mengalir


Reporter: Tri Adi | Editor: Tri Adi

Selamat pagi, kalau pagi ini Anda berniat bepergian menggunakan sepeda motor, coba periksa dulu bannya. Barangkali ban sepeda motor Anda sudah aus atau botak sehingga harus diganti. Pasalnya, membiarkan ban sepeda motor Anda botak akan membahayakan keselamatan. Ban botak akan menyebabkan ban kehilangan daya cengkeram.

Nah, kalau ban sepeda motor Anda sudah harus diganti, Kontan dengan senang hati akan membantu. Karena itu, Kontan memilihkan dua waralaba toko ban untuk pekan ini. Master Ban Indonesia dan Proban Motoparts.  Mengapa toko ban? Pasalnya, ban sepeda motor akan  selalu dibutuhkan seiring meningkatnya jumlah sepeda motor.

Yup, kita meluncur ke Jalan Palmerah Barat No. 8, Jakarta Selatan, untuk menyambangi Proban Motorpart alias PT Proban Ostburg Trisakti.  Proban Motorpart sebenarnya terhitung  pemain baru di dunia toko ban. Perusahaan yang sebelumnya berinduk di Korea Selatan ini baru berdiri awal tahun 2015. Kendati begitu, Proban sudah memiliki 50 cabang, enam di antaranya adalah cabang waralaba.

Waralaba? Ya, Proban Motorpart memang menawarkan waralaba. Jadi, untuk Anda yang ingin mendirikan toko ban tapi tidak repot mencari mencari pemasok ban.   Anda cukup membeli waralaba Proban dengan merogoh kocek sebesar Rp 310 juta dan Rp 360 juta.  Namun, bukan hanya itu, Anda juga harus mengeluarkan initial fee sekitar Rp 50 juta.  Semua biaya-biaya itu belum termasuk modal pembelian atau sewa tempat usaha, lo. Kerja sama waralaba ini berlangsung selama 5 tahun. Bila masih ingin melanjutkan kerjasama begitu kontrak kelar, terwaralaba harus membayar initial fee lagi.

Dengan modal sebesar itu, menurut Rudy Winanto, Business and Franchise Development Manager Proban Motoparts, terwaralaba akan mendapatkan beberapa kebutuhan dasar toko ban. Antara lain, mesin tire changer dan peralatan operasional, genset rak displai, furnitur, genset mesin nitrogen, kompresor, inventori barang jualan, dan lain-lain. Pewaralaba juga membantu keperluan renovasi interior toko dan bangunan.

Agung Yuriadi, Manajer Operasional Proban Motoparts, menambahkan, bila lokasi toko strategis, hitungan di atas kertas, terwaralaba bisa BEP (break event point) dalam tujuh bulan saja. Namun, return of investment (ROI)memang lama, bisa tiga tahun, menurut Agung, karena bisnis ini membutuhkan belanja modal besar. Lokasi usaha strategis  itu salah satu yang bisa mempercepat balik modal. Lokasi itu bisa di jalan yang ramai dilintasi sepeda motor, selain lokasi di perumahan.

Eit, sudah ngebet ya pengin beli waralabanya, tunggu dulu masih ada Master Ban Indonesia yang berlokasi di Jalan Sultan Agung KM 27, No. 3, Bekasi, sebagai pembanding.  Sama seperti Proban, Master Ban juga baru berdiri pada 2015 tapi waralabanya baru ditawarkan pada 2016 ini.  Saat ini, sudah empat gerai pusat di Bekasi, Tangerang, Jakarta Timur, dan Medan.  Belum ada gerai mitra yang bergabung karena tawaran kerja sama masih relatif baru.

Kerja sama kemitraan yang ditawarkan Master Ban terbilang unik. "Mitra hanya perlu menyediakan tempat usaha, nanti instalasi, perlengkapan usaha, manajemen, semuanya kami yang kerjakan,” ujar Raymundus Arief, Marketing Master Ban Indonesia.

Kendati begitu, Master Ban mensyaratkan luas ruang usaha minimal 10 m x 10 m atau setara dengan 100 m² berlantai satu.  Syarat kedua,  lokasi usaha harus strategis agar usaha ini bisa berjalan maksimal.  Semua fasilitas mulai dari perlengkapan usaha, karyawan dan gajinya, bahan baku, instalasi tempat usaha, kasir, pemasaran dan manajemen akan disiapkan dan dijalankan oleh pusat. Kerjasama investasi ini menawarkan sistem bagi hasil dari omzet tiap bulan sebesar 3%−7% untuk mitra.

Ray mengatakan satu gerai bisa meraup omzet mencapai Rp 100 juta hingga 150 juta per bulan. Untuk persentase bagi hasil tergantung kesepakatan antara mitra dengan pusat.   Master Ban saat ini baru menawarkan penggantian ban untuk sepeda motor. Selain itu, Master Ban Indonesia juga menyediakan jasa lain seperti cuci hidrolik, kuras nitrogen, semir ban, ganti oli dan kampas dan penggantian spare part sepeda motor lainnya.

Sudah akan membeli waralaba toko ban, siapkan strateginya.  Ya, kendati membeli waralaba, kita juga harus mempunyai strateginya untuk menghadapi pesaing atau mendongkrak penjualan. Ah, jJadi ingat sama Andre Maurois, seorang penulis Pancis. Pria yang pernah menulis novel  bertajuk Climates ini mengatakan, “Bisnis adalah kombinasi antara perang dan olahraga.” Salam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×