: WIB    —   
indikator  I  

Belanja pernik-pernik komputer ala Glodok (1)

Belanja pernik-pernik komputer ala Glodok (1)

KONTAN.CO.ID - Jika di Jakarta Glodok dan Harco Manggadua menjadi tempat berburu komputer dan segala aksesorinya, di Tangerang Anda akan mengenal Pasar Lama. Selain tenar sebagai pusat kuliner, Pasar Lama juga menjadi sasaran perburuan komputer dan perangkatnya.

Di kawasan Pasar Lama, Anda akan menemukan lebih dari 10 gerai yang menjual komputer dan perlengkapannya. Beberapa gerai bahkan selalu terlihat ramai pembeli.

Pusat komputer ini tepatnya terletak di Jalan Kisamaun, Tangerang. Bila Anda datang ke sana, lokasinya tak jauh dari Pasar Lama itu sendiri atau tepatnya di deretan toko setelah pasar.

Pusat penjualan perangkat komputer dan aksesori di Pasar Lama ini sudah cukup lama eksis. Ferry, pemilik toko perlengkapan komputer dan aksesori Mitra Marga Sejahtera mengatakan sudah 17 tahun membuka tokonya di kawasan Pasar lama. "Saya jualan mulai dari tahun 2000," katanya.

Seperti terlihat di etalase tokonya, Ferri menjual laptop berbagai merek, keyboard, earphone gamer, mouse dan lainnya. Ia mendatangkan semua barangnya dari distributor di Jakarta. "Mouse dan keyboard bisanya saya stok 100 unit setiap pengambilan," terangnya.

Kualitas barang menjadi kunci bisnisnya. Alhasil, pelanggan pun terus berdatangan setiap saat. Tak hanya dari kawasan Tangerang, pelanggan Ferri datang dari berbagai daerah, khususnya di wilayah Banten. Maklum, sentra komputer di sini juga terkenal dengan harganya yang miring.

Feri bilang, masa paling ramai pengunjung di tokonya saat memasuki tahun ajaran baru. Sebab, mengikuti perkembangan teknologi, tahun ajaran baru sering dijadikan momen yang tepat bagi orangtua untuk mengganti perangkat komputernya.

Tak hanya untuk keperluan kuliah atau sekolah, gerai komputer di sentra ini juga memenuhi kebutuhan perusahaan atau korporasi. Seperti Wawan yang ditemui KONTAN di sentra ini. Ia sedang mencari laptop untuk perusahaannya. "Sudah punya langganan di sini, harganya bagus, barangnya juga berkualitas," ujar karyawan perusahaan jaringan minimarket yang berkantor di Tangerang.

Tak seperti Mitra Marga Sejahtera yang sudah mencicipi manis bisnis komputer di Pasar Lama sejak tahun 2000, Calis Komputer baru membuka bisnisnya di sentra ini sejak 2007 silam. Meski begitu, Indah, pengelola Calis Komputer mengaku, sudah menangguk omzet besar setiap bulan.

Tak jauh berbeda, Calis Komputer menyediakan berbagai perangkat dan aksesori kmputer. Sebut saja, printer dan tintanya, modem, speaker, USB, hardisk hingga software. Harganya mulai Rp 15.000-Rp 2 juta per item.

Indah juga mengatakan, tokonya akan ramai saat pergantian tahun ajaran baru anak sekolah. Meski begitu, pada hari-hari biasa, tetap saja banyak konsumen yang datang untuk membeli aksesori. "Mulai dari orang-orang yang memang punya usaha di seputar komputer, hingga mereka pemilik warnet dan karyawan kantoran," kata Indah.

Calis Komputer juga memasok barang yang dijual dari Jakarta. Namun, mereka mengambilnya dari beberapa distributor.

(Bersambung)


Reporter Venny Suryanto
Editor Johana K.

0

Feedback   ↑ x
Close [X]