PELUANG USAHA
Berita
Bisnis basah dari pencucian mobil dan motor

TAWARAN KEMITRAAN OTOMOTIF: CUCI DAN SALON MOBIL

Bisnis basah dari pencucian mobil dan motor


Telah dibaca sebanyak 12401 kali
Bisnis basah dari pencucian mobil dan motor

Peluang bisnis pencucian mobil dan sepeda motor masih menjanjikan. Itu juga yang mendorong Beach Car & Motor Wash menawarkan kemitraan dengan investasi mulai Rp 160 juta-Rp 207 juta. Estimasi omzet mitra Rp 25 juta-Rp 30 juta per bulan. Balik modalnya sekitar dua tahun.

Pesatnya pertumbuhan jumlah kendaraan membawa berkah bagus usaha pencucian mobil dan motor. Itu pula alasan Beach Management Waralaba mendirikan usaha pencucian mobil dan sepeda motor dengan merek Beach Car & Motor Wash.

Usaha ini berdiri awal tahun ini dan langsung menawarkan waralaba. Saat ini, sudah ada empat Beach Car & Motor Wash. Satu milik sendiri yang berlokasi di Yogyakarta dan tiga lainnya milik mitra usaha yang berlokasi di Batam, Palembang, dan Kalimantan.

Sandro Lovino, Business Development Manager Beach Car & Motor Wash menargetkan, bisa menambah sepuluh gerai baru hingga semester dua tahun ini. Menurutnya, prospek usaha pencuci mobil dan sepeda motor cukup menjanjikan. Apalagi, jumlah kendaraan bermotor terus bertambah "Sejauh ini pasarnya bagus dan sepertinya tidak ada tanda-tanda bakal surut," jelas Sandro.

Ia bilang, keunggulan gerai cuci mobil dan motornya ini terletak pada peralatan cuci mobil dengan sistem hidrolik. Keunggulan lain, klaim Sandro, sampo yang dipakai buat mencuci mobil dibuat dengan formula khusus dan telah lulus uji lingkungan.

Dalam waralaba ini, Beach Car & Motor Wash menawarkan dua paket investasi. Yakni, paket grade A dengan investasi Rp 207 juta dan paket grade B senilai Rp 160 juta. Nilai investasi itu di luar biaya dekorasi bangunan dan sewa tempat. Untuk paket pertama, luas gerainya minimal 200 meter persegi (m²) dan paket kedua minimal 150 m².

Mitra yang mengambil paket grade A akan memperoleh lima mesin hidrolik. Perinciannya tiga untuk mobil dan dua untuk sepeda motor. Adapun paket grade B hanya mendapatkan tiga mesin hidrolik, yakni dua untuk mobil dan satu untuk sepeda motor.

Kedua paket itu sudah termasuk franchise fee selama lima tahun. Untuk tarif jasa cuci mobil berkisar mulai Rp 15.000-Rp 25.000. Adapun tarif cuci sepeda motor mulai Rp 8.000-Rp 15.000, tergantung segmen pasar dan lokasi.

Dari kedua paket itu, ia memperkirakan mitra bisa meraup omzet Rp 25 juta-Rp 30 juta per bulan. Dengan royalty fee yang mulai dibayarkan pada bulan ke tujuh sekitar 8%, mitra diperkirakan balik modal dalam dua tahun.

Di luar dua paket itu, Beach Car & Motor Wash menawarkan paket dengan investasi Rp 1 miliar. "Untuk investasi Rp 1 miliar itu kami mengembangkan sistem robotic wash yang mesinnya masih diimpor dengan harga yang cukup tinggi," katanya.

Khoerussalim Ikhsan, pengamat waralaba dari Entrepreneur College menilai, bisnis cuci sepeda motor dan mobil saat ini memiliki prospek yang cukup cerah. Jumlah sepeda motor dan mobil yang lalu lalang di jalanan terus bertambah, dan itu menjadi peluang bisnis pencucian kendaraan.

Namun, untuk bisa sukses di bisnis ini ada tiga hal yang harus diperhatikan. Pertama lokasinya harus strategis, seperti di perkotaan dan permukiman yang padat penduduk. Kedua, sumber daya manusianya harus bisa memberikan pelayanan yang memuaskan. Terakhir, brand juga harus kuat dan dikenal oleh masyarakat luas.

Beach Car & Motor Wash
Jl. Teratai V/183 Perum Condong Catur, Depok,
Sleman, Yogyakarta 55283
HP: 08121581516

Editor: Tri Adi
Telah dibaca sebanyak 12401 kali



Syarat & Ketentuan Komentar :
  1. Tidak memuat isi bohong, fitnah, sadis dan cabul.
  2. Tidak memuat isi yang mengandung prasangka dan kebencian terkait dengan suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA), serta menganjurkan tindakan kekerasan.
  3. Tidak memuat isi diskriminatif atas dasar perbedaan jenis kelamin dan bahasa, serta tidak merendahkan martabat orang lemah, miskin, sakit, cacat jiwa, atau cacat jasmani.
  4. KONTAN memiliki kewenangan mutlak untuk mengedit atau menghapus komentar yang bertentangan dengan ketentuan ini.

LIPSUS

LIPSUS Update

  • DJP minta caleg dan capres transparan data pajak

    +

    Pemilihan anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dan presiden baru sebentar lagi mewarnai tahun 2014

    Baca lebih detail..

  • Akbar Tandjung siap jadi cawapres Jokowi

    +

    Ketua Dewan Pertimbangan Partai Golkar Akbar Tandjung menyatakan siap maju sebagai bakal calon wakil presiden, termasuk berpasangan dengan Joko Widodo

    Baca lebih detail..