kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bisnis olahan tahu, siapa yang tahu


Selasa, 24 April 2012 / 14:15 WIB
Bisnis olahan tahu, siapa yang tahu
ILUSTRASI. Ini dia harga sepeda gunung Pacific Invert 400, dibanderol sekitar Rp 2 jutaan


Reporter: Fahriyadi, Eka Saputra, Havid Vebri | Editor: Tri Adi

Tahu telah menjadi salah satu makanan favorit masyarakat Indonesia sejak lama. Selain murah, makanan ini juga digemari karena kandungan protein nabatinya tinggi. Saking populernya makanan ini, banyak pengusaha makanan yang menjadikan tahu sebagai ladang bisnis.

Pengusaha makanan ini juga gencar berinovasi dengan menjajakan aneka olahan tahu. Bahkan, sejak 2009 banyak dari mereka yang menawarkan kemitraan atau waralaba. Beberapa di antaranya pernah diulas KONTAN, yakni Tahu Pop, Tahu Krispi Tofuku, dan Tahu Brintiiik Crispy. Walau persaingan usaha ini makin ketat, bisnis tahu tetap menjanjikan.

Setidaknya, itu dialami para pemilik ketiga waralaba tahu tersebut yang mengaku jumlah mitranya bertambah. Seperti apa perkembangan usaha tahu mereka, berikut ulasannya.


Tahu Pop

Usaha yang berdiri tahun 2009 ini mulai menawarkan kemitraan di akhir 2010. Saat KONTAN mengulasnya tahun lalu, Tahu Pop sudah memiliki 27 mitra yang tersebar di Bandung, Jatinangor, Garut, Majalengka, Sumedang, dan Tangerang.

Kini, mitranya bertambah menjadi 35 mitra. "Dua di antaranya di Jakarta," kata Andri Juanda, pemilik Tahu Pop.

Tahu Pop menjajakan tahu dengan aneka rasa, mulai dari barbekyu, keju, sambal balado, udang pedas, ayam bawang, dan kari ayam. "Belum lama ini kami tambahkan saus padang dan asam manis," ujar Andri.

Hingga pertengahan tahun ini, ia menargetkan, jumlah mitranya mencapai 50 mitra dan sampai akhir tahun menjadi 100 mitra. Untuk menggenjot jumlah mitra, Andri menambah beberapa paket baru.

Bila dulu hanya menawarkan paket big stand senilai Rp 6,5 juta, kini ada tiga paket lain. Yakni, paket dorong senilai Rp 8,5 juta, paket motor Rp 25 juta, dan paket mini kafe seharga Rp 45 juta. "Untuk paket dorong sudah sama gerobaknya, dan paket motor sudah sama sepeda motornya. Untuk paket mini kafe akan dibuka gerai milik sendiri pada tahun ini di Jatinangor," ujarnya.

Paket mini kafe ini memang baru ditawarkan, makanya belum memiliki mitra. Terkait pilihan menu, ia tengah menyiapkan beberapa menu baru. Andri mengaku, tengah menguji coba burger tahu dan steik tahu. Bila sukses, menu ini akan dipasarkan di paket mini kafe.

Saat ini, satu porsi Tahu Pop dibanderol Rp 6.000. Penjualan satu harinya mencapai 50 sampai 100 porsi. Adapun omzet per bulannya mencapai Rp 9 juta. Dengan laba 30%, mitra yang mengambil paket big stand sudah balik modal di bulan ketiga.


Tahu Krispi Tofuku

Tahu Krispi Tofuku sukses mencatat pertumbuhan jumlah mitra yang cukup tinggi. Usaha tahu yang berdiri Februari 2008 di Surabaya ini telah memiliki 150 gerai. Dua di antaranya milik sendiri dan sisanya milik mitra. Mitranya tersebar hampir di seluruh wilayah Indonesia, minus Maluku dan Papua.

Padahal, ketika KONTAN mengulas kemitraan ini pada September 2008, Tofuku baru memiliki tujuh gerai. Saat itu, paket investasi yang ditawarkan hanya ada tiga, yakni Rp 4,5 juta, Rp 6 juta, dan Rp 7 juta.

Dengan harga tahu Rp 3.500 per porsi mitra bisa balik modal dalam waktu 4-7 bulan. Slamet Raharjo, pemilik Tahu Krispi Tofuku, menargetkan, jumlah gerainya hingga akhir tahun ini mencapai 200 mitra.

Kali ini, ia ingin memperbanyak jumlah mitra di Bali. "Di Bali cenderung minim pesaing dan animo masyarakatnya masih bagus," ujarnya.

Slamet bilang, ada beberapa perubahan yang terjadi pada usahanya ini. Antara lain, paket investasi yang mengerucut menjadi dua, yakni Rp 7 juta untuk indoor dan Rp 8,5 juta untuk outdoor. "Kami juga mengubah harga jual tahu sejak 2010 menjadi Rp 5.000 per porsi," jelasnya.

Menurutnya, mitra bisa mendulang omzet Rp 6 juta per bulan dan balik modal sekitar 10 bulan. Slamet bilang, sejak dua tahun lalu mulai mengembangkan variasi menu di luar tahu, seperti jamur krispi dan kentang goreng. "Nanti kami berencana membuat burger tahu," jelasnya.


Tahu Brintiiik Crispy

Sejak berdiri tahun 2009, kehadiran tahu dengan taburan mayones dan aneka bumbu, seperti barbekyu, keju, atau balado ini sukses menggaet banyak pelanggan. Mendapat respons pasar yang bagus, tahun itu juga Tahu Brintiiik Crispy menawarkan kemitraan. Hasilnya tidak mengecewakan.

Saat KONTAN mengulas tawaran kemitraan ini di tahun 2009, Tahu Brintiiik sudah menggandeng 15 mitra. Setahun kemudian, mitranya sudah mencapai 50 mitra yang tersebar di kawasan Jakarta.

Namun, di tahun 2011 perkembangan bisnisnya agak stagnan. Kondisi itu terus berlangsung hingga tahun ini. "Jumlah mitra belum mengalami penambahan," kata Alex Satriyo, pemilik waralaba Tahu Brintiiik Crispy.

Ia mengaku, pertumbuhan bisnisnya agak lamban karena kekurangan sumber daya manusia (SDM). "Selain itu, saya juga sibuk dengan pekerjaan lain," ujarnya.

Toh, ia menilai, prospek bisnis tahu ini masih bagus. Ia pun tetap berencana menggenjot jumlah mitra. Untuk itu, ia akan memperbanyak SDM yang akan membantunya mengelola kemitraan ini.

Hingga kini belum ada perubahan terkait tawaran kemitraan ini. Dalam hal menu, misalnya, masih tetap sama. Begitu pun dengan paket investasinya masih Rp 9 juta. Fasilitas yang didapat mitra juga tetap yakni gerobak lengkap dengan peralatan masak.

Selain itu, calon mitra juga akan mendapat pelatihan cara mengolah tahu. Menurut Alex, penjualan Tahu Brintiiik masih stabil di kisaran 50 porsi hingga 100 porsi per hari.

Dengan harga jual Rp 8.000 per porsi, omzet satu bulan bisa mencapai Rp 12 juta dengan laba 25% dari omzet. Semua laba masuk kantong mitra karena tidak ada royalti fee. Balik modalnya sekitar tiga-enam bulan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×