PELUANG USAHA
Berita
Bursa Otomotif Sunter: Tempat baru beli mobil (1)

SENTRA MOBIL DI BURSA OTOMOTIF SUNTER, JAKARTA

Bursa Otomotif Sunter: Tempat baru beli mobil (1)


Telah dibaca sebanyak 3036 kali
Bursa Otomotif Sunter: Tempat baru beli mobil (1)

Bagi Anda yang tinggal di kawasan Jakarta Utara dan berniat membeli mobil, tak ada salahnya datang ke kawasan Bursa Otomotif Sunter (BOS) yang beralamat di Jalan Yos Sudarso Kav 87-88, Jakarta Utara.

Kawasan ini merupakan pusat penjualan mobil paling anyar di Jakarta. Mulai beroperasi April 2012 lalu, tak kurang ada 150 showroom mobil baru dan bekas berada di sini.

Berbeda dengan sentra mobil di Jakarta lainnya yang kebanyakan berdiri di tepi jalan, BOS berbentuk komplek yang dilengkapi dengan fasilitas parkir yang memadai, sehingga pengunjung pun merasa nyaman.

Kawasan seluas empat hektare ini dikembangkan oleh PT Kartika Jaya Abadi. Selain sebagai pengembang, PT Kartika juga bertindak sebagai pengelola kawasan tersebut.

Cynthia Karinda, Manajer Operasional BOS mengatakan, pihaknya menawarkan banyak pilihan bagi warga yang sedang berburu mobil. "Ratusan showroom yang ada siap menampung keinginan pengunjung," kata Cynthia.

Mengakses kawasan ini tidak sulit. Dari arah Cawang, Anda cukup menyusuri jalan layang by pass Cililitan-Tanjung Priok hingga sampai di kawasan Sunter. Patokannya, Mall of Indonesia (MoI) Kelapa Gading. Kawasan BOS berada persis di seberang MOI.

KONTAN sempat mengunjungi pusat penjualan mobil ini, Senin lalu (9/7). Deretan showroom terlihat masih sepi pengunjung. Sekitar 30% showroom masih direnovasi dan belum beroperasi.

Bahkan, showroom yang rata-rata berukuran luas 9 meter (m) x 6 m ini masih tertutup rolling door dan belum ada papan namanya. "Tetapi kompleks ini sudah sold out dan serah terima sudah sejak akhir tahun lalu kepada para pemilik showroom," papar Cynthia.

Sedangkan showroom yang sudah buka nampak mulai ada kesibukan. Tirta, Sales Marketing Jaya Mobilindo mengaku, showroom-nya sudah beroperasi sejak April lalu. Menurutnya, kawasan tempatnya berjualan cukup nyaman buat berburu mobil.

Tapi karena masih baru belum banyak masyarakat mengetahui keberadaan sentra ini. "Sejauh ini banyak yang belum paham jika ada sentra mobil di sini," ujarnya.

Menurut Tirta, showroom-nya lebih fokus menyediakan mobil completely buld up (CBU) dari Eropa dan Jepang. Mobil tersebut dibanderol mulai Rp 600 juta-Rp 3 miliar per unit.

Ia mengaku, sejak beroperasi tiga bulan lalu, pihaknya baru bisa menjual dua mobil CBU yang langsung diimpor dari negara asal. "Raihan ini cukup positif sebagai permulaan," lanjutnya.

Beda dengan Tirta, showroom HN Mobil fokus menjual mobil bekas. Bella, pengelola showroom HN mengaku, sampai saat ini baru berhasil menjual satu unit mobil seken.

Showroom HN sudah bergabung sejak Mei 2012. Selain baru, kata Bella, pasar mobil juga agak lesu dibanding tahun lalu. Mobil bekas yang dijual di showroom HN dibanderol mulai Rp 100 juta-Rp 300 juta per unit.

Menurutnya, masih perlu waktu agar sentra ini ramai pengunjung. Ia berharap, BOS bisa dikenal luas dan tak kalah populer dibandingkan sentra mobil di Kemayoran dan Kelapa Gading.

(Bersambung)

Sumber: Kontan/12/7/2012
Telah dibaca sebanyak 3036 kali



Syarat & Ketentuan Komentar :
  1. Tidak memuat isi bohong, fitnah, sadis dan cabul.
  2. Tidak memuat isi yang mengandung prasangka dan kebencian terkait dengan suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA), serta menganjurkan tindakan kekerasan.
  3. Tidak memuat isi diskriminatif atas dasar perbedaan jenis kelamin dan bahasa, serta tidak merendahkan martabat orang lemah, miskin, sakit, cacat jiwa, atau cacat jasmani.
  4. KONTAN memiliki kewenangan mutlak untuk mengedit atau menghapus komentar yang bertentangan dengan ketentuan ini.

LIPSUS

LIPSUS Update

  • Bisnis properti tiarap dulu

    +

    Industri properti menyambut 2014 dengan pesimistis.

    Baca lebih detail..

  • Mobil baru bermunculan kendati pasar stagnan

    +

    Pelemahan ekonomi membuat pasar otomotif tak melaju cepat.

    Baca lebih detail..