: WIB    —   
indikator  I  

Cantik raut bisnis salon kecantikan

Cantik raut bisnis salon kecantikan

KONTAN.CO.ID - JAKARTA Sama halnya dengan sandang, papan dan pangan, kini perawatan tubuh juga menjadi kebutuhan utama. Bagi kaum hawa, cantik dan bugar adalah tujuan melakukan perawatan  mulai ujung rambut sampai ujung kaki.  

Besarnya potensi pasar bisnis salon kecantikan membuat kian pemainnya. Ada yang berhasil bertahan, namun ada pula yang umur bisnisnya hanya sekejap mata. Sejumlah inovasi pun diciptakan demi memikat pelanggan.

Pada review minggu ini, KONTAN akan mengulas tawaran kemitraan dari tiga salon kecantikan, yaitu Moz5 Salon, Salon Daniel Amanta dan Khodijah Muslimah Centre (KMC). Ketatnya persaingan menimbulkan aneka kendala dan tantangan. Bagaimana perkembangan kemitraan bisnis salon kecantikan tahun ini? Berikut ulasannya.  

Moz5 Salon

Salah satu pemainnya adalah Yulia Astuti yang mengembangkan salon muslimah Moz5. Saat diulas KONTAN pada November 2016, dia sudah membuka 25 gerai. Rinciannya, 18 gerai milik mitra dan tujuh lainnya milik pusat.

Moz5 Salon beroperasi sejak 2002 dan mulai menawarkan kemitraan pada tahun 2004. Kini, bisnis Moz5 Salon masih tetap cantik. Ada 24 gerai yang tersebar di Jabodetabek, Solo, Surabaya, Yogyakarta, dan Malang. Berkurangnya satu gerai mitra lantaran habis kontrak.
Marketing Moz5, Derry Dwi Octora mengatakan, Moz5 sangat selektif mencari mitra. "Calon aplikasi kemitraan yang masuk masih banyak, tapi belum ada yang lolos seleksi," ungkap Derry.

Ada tiga jenis paket kemitraan Moz5. Pertama, paket salon, yang terdiri dari paket de_moz5 Salon Muslimah senilai Rp 321 juta dan paket Moz5 Salon Muslimah senilai Rp 260 juta.

Kedua, paket konsultasi. Ada dua, yakni konsultasi Salon Ruko senilai Rp 105 juta dan konsultasi Salon Rumah senilai Rp 66 juta. Melalui paket ini, mitra bisa mengembangkan salon sendiri dengan brand sendiri. Adapun kantor pusat menyediakan perlengkapan hingga pelatihan.

Ketiga, paket training dengan nilai investasi Rp 30 juta. Pada jenis paket ini, mitra sudah memiliki salon dan brand,  namun butuh pendampingan dan pelatihan bagi karyawan maupun owner.  

Kini, ada kenaikan biaya kemitraan. Kemitraan de_Moz5 Salon menjadi Rp 390 juta, kemitraan Moz5 Salon menjadi Rp 350 juta. Sedangkan, paket konsultasi Salon Ruko dibanderol Rp 109 juta, paket konsultasi Salon Rumah Rp 95 juta, dan paket training Rp 39 juta.  

Moz5 memberikan servis lengkap ke pelanggan, mulai dari perawatan rambut, hairspa, perawatan wajah, refleksi, totok, hingga perawatan pra-nikah. "Tarif jasa pelayanan mulai Rp 36.500 sampai
Rp 1 jutaan," tutur Derry.

Kendala selama ini adalah soal sumber daya manusia. Lantaran karyawan yang berusia 18-25 tahun seringkali keluar masuk dengan berbagai alasan. "Mengatasi kendala ini, manajemen mengirimkan implementer di tiap outlet yang sedang butuh, sembari kami rekrut karyawan baru," tutup Derry.


Reporter Elisabeth Adventa, Jane Aprilyani, Maizal Walfajri, Tri Sulistiowati
Editor Johana K.

REVIEW WARALABA

Feedback   ↑ x
Close [X]