kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Coba peluang nendang kedai bebek Sumedang


Minggu, 10 Juni 2018 / 13:05 WIB
Coba peluang nendang kedai bebek Sumedang


Reporter: Tri Sulistiowati | Editor: Johana K.

KONTAN.CO.ID - Usaha kuliner bebek masih empuk. Konsumen masih memburu menu ini sebagai variasi lauk sehari-hari.

Dianggap masih menjanjikan, banyak pemain baru bermunculan. Seperti Hendra Ciho yang menjajal peruntungannya lewat Bebek Logay. Menurutnya, potensi usaha kedai bebek masih bagus asal punya keunikan. Usaha makanan ini baru dibuka Desember 2017 lalu, di Sumedang.

Mendapatkan respon yang baik dari konsumen serta ingin mempercepat ekpansi pembukaan gerai, Hendra membuka kerjasama kemitraan pada bulan keempat.  Sampai sekarang dua ada dua mitra yang bergabung di Subang, Jawa Barat dan Bangka Selatan.

Hendra menawarkan menu bebek mulai dari Rp 15.000 sampai Rp 20.000 per porsi. Ia menyajikan 15 macam menu di kedainya. Tak hanya bebek goreng dan bebek bakar, tapi juga ada ayam goreng, tongseng bebek, ayam, dan lainnya.

Dia mengklaim kelebihan masakannya ada pada bumbu yang terdiri dari 23 macam rempah sehingga daging bebek dan ayam punya citarasa yang unik.

Tertarik dengan usaha kuliner ini? Bebek Logay menawarkan kerjasama dengan investasi senilai
Rp 80 juta. Yang didapatkan oleh mitra adalah penggunaan merek usaha selama tiga tahun, pelatihan, promosi, sistem, dan panduan standar operasional.  

Bila ingin membuka satu outlet siap jualan, mitra harus menyiapkan modal sekitar  Rp 150 juta. Dana tersebut tidak termasuk biaya sewa lokasi, sehingga mitra wajib menyiapkan satu unit outlet dengan daya tampung sebanyak 15 kursi.

Untuk kerjasama ini, dia menggunakan sistem joint operation sehingga mitra cukup menginvestasikan dananya dan menunggu hasil laporan penjualan saban bulannya. Sistem pembagiannya, mitra mendapatkan porsi 40% dan manajemen 60% dari laba bersih usaha.

Perlu dicatat, setiap mitra wajib mengambil seluruh bahan baku dari pusat untuk menjaga kualitas rasa dan standar produk.

Berdasarkan perhitungan Hendra, waktu balik modal yang dibutuhkan mitra sekitar 1,2 tahun. Dengan catatan, total penjualan saban harinya mencapai Rp 5 juta. Setelah dikurangi biaya produksi dan operasional, porsi laba usaha yang bisa dikantongi sekitar 30% dari omzet per bulan.

Sepanjang tahun 2018, Hendra menargetkan bisa membuka dua gerai baru saban bulannya. Dia pun getol untuk promosi melalui media digital, untuk menjaring mitra baru.

Erwin Halim, Konsultan usaha menilai potensi usaha ini masih bagus untuk tahun-tahun depan. Hal ini didukung dari permintaan bahan baku daging bebek yang terus meningkat.

Agar dapat memenuhi target pembukaan dua gerai cabang saban bulan, manajemen harus memberikan tawaran kerjasama yang menarik dan memberikan bukti keuntungan usaha yang telah didapatkan.       

Bebek Logay
Jl Mayor Abdurrahman 130
Seberang Griya Plaza, Sumedang, Jawa Barat
HP. 081312340700

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×