kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Cuan menggiurkan dari ayam saus The Cooking Sumo


Jumat, 10 Maret 2017 / 09:15 WIB
Cuan menggiurkan dari ayam saus The Cooking Sumo


Reporter: Danielisa Putriadita | Editor: Johana K.

Bisnis masakan olahan daging ayam sepertinya akan terus berkembang. Maklum, mayoritas orang Indonesia menyukai berbagai bentuk olahan ayam. Mulai digoreng biasa, dibakar, hingga dipadukan dengan bahan lainnya, seperti nuget ayam.  

Tak heran, selain menjadi camilan, ayam juga menjadi pilihan lauk yang potensial. Alhasil, bisnis kuliner kreatif dengan olahan ayam tetap menarik untuk dicoba.  Seperti The Cooking Sumo yang berpusat di Makassar yang menyajikan beragam daging olahan ayam  bersiram saus aneka rasa.

Semenjak berdiri pada Oktober 2015, The Cooking Sumo mencoba melebarkan bisnis dengan menawarkan kemitraan pada September 2016. Kini, baru ada satu gerai mitra yang buka di Mamuju pada  Desember 2016. Beasy, pemilik The Cooking Sumo mengatakan ada tiga mitra yang masih dalam proses perundingan kerjasama. Calon mitra itu tersebut akan membuka gerainya di Kendari, Manado, dan Denpasar.

Tertarik menjajal bisnis ayam? The Cooking Sumo menawarkan kemitraan dengan franchise fee senilai Rp 15 juta sampai Rp 30 juta. Tentu saja, mitra masih harus menambah modal untuk pembuatan booth, bahan baku, packaging, dan peralatan masak. Namun, kata Beasy, mitra dibekali dengan peralatan untuk penyajian seperti kotak saus, sendok saus, peralatan promosi seperti neon box, x-banner, dan juga seragam.

Kerjasama yang dijalin berlangsung tiga tahun sejak mitra beroperasi. Setelah tiga tahun mitra cukup membayar paket investasi sebesar 80% dari investasi awal. Beasy mengatakan laba bersih bisnis ini berkisar 30%-35%. Dalam jangka waktu delapan bulan mitra diperkirakan sudah dapat balik modal, dengan asumsi berhasil menjual 25 porsi-35 porsi per hari.

Mitra setidaknya mengambil bahan baku ke pusat. Dalam kerjasama ini, The Cooking Sumo tidak menetapkan jumlah minimal belanja bahan baku mitra. Pusat hanya menetapkan harga jual bahan baku ayam Rp 45.000-Rp 100.000 per kilogram. Sedangkan harga saus berkisar Rp41.000-55.000 per 1,2 kg.

Menurut Beasy kelebihan dari The Cooking Sumo terletak pada produksi ayam yang dibuat secara homemade. The Cooking Sumo menjajakan tiga produk menu, yaitu ayam karage, chicken wings, dan chick and stick. Ketiga menu tersebut dibanderol dengan harga mulai Rp 25.000 hingga Rp 28.000, tergantung wilayah penjualan.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×