: WIB    —   
indikator  I  

Cukup klik, tukang pun datang

Cukup klik, tukang pun datang

Meluncur sejak Juli 2015, Klik Tukang hadir atas ide awal penciptanya, Astrid Wibisono yang kesulitan mendapatkan tukang servis pendingin udaranya saat masa Lebaran. Berdasar pada pengalaman ini, Astrid mengembangkan sebuah aplikasi teknisi online. Melalui Klik Tukang kita dapat dengan mudah mendatangkan teknisi ke rumah untuk segera memperbaiki kerusakan peralatan rumah yang terjadi secara tiba-tiba.

Selain untuk menjawab keluhan masyarakat akan kerusakan alat, Klik Tukang juga merupakan aplikasi yang dapat menjadi sumber penyedia tenaga servis rutin alat-alat rumah tangga. Tak perlu ragu akan kemampuan tukang yang datang. Sumber daya teknisi dari aplikasi ini berasal dari kerjasama Klik Tukang dengan puluhan vendor perusahaan teknisi yang telah diseleksi. "Kami pegang semua credential staff dari vendor, jadi terpercaya," tegas Astrid.

Namun, karena permintaan selalu bertambah, Klik Tukang juga bekerjasama dengan tukang secara perseorangan. "Karena kalau lewat perusahaan saja supply tukangnya tidak cukup," ungkapnya.

Anda bisa mengetahui kinerja tukang dengan fitur user rating. Rating diberikan dari penilaian konsumen. Alhasil, Anda tak perlu repot mencari nomor telepon perusahaan teknik atau bertanya rekomendasi tukang dari tetangga.

Konsumen induvidu

Saat ini, Klik Tukang menawarkan lima layanan untuk menangani permasalahan pada pendingin udara, saluran air bersih, listrik, kunci dan elektronik. Dalam tiap kategori tersebut pengguna dimudahkan dalam mengungkapkan keluhan.  

Tak perlu panjang lebar mengetik keluhan, aplikasi ini telah membuat daftar jenis permasalahan yang umum terjadi di tiap kategori. Pengguna pun cukup hanya tinggal mengklik daftar permasalahan tersebut. Lengkapnya lagi, aplikasi ini juga menyediakan kolom lainnya, bila pengguna memiliki permasalahan khusus di luar daftar yang sudah ada.

Keunggulan Klik Tukang adalah tersedianya banyak pilihan. Ketika pemesanan tukang selesai dibuat, pengguna tak hanya akan menerima satu tukang yang menyanggupi pesanan tersebut. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk melihat semua tukang yang menyanggupi pesanan,  bila memang terdapat lebih dari satu tukang yang sanggup. Pengguna pun dapat membandingkan, harga, jarak dan rating antar tukang.

Apabila terjadi ketidakpuasan pengguna terhadap kinerja tukang, Astrid bilang, ada sejumlah vendor yang memberi garansi. Namun, tak semua vendor memberikan garansi. Keputusan pemberian garansi ada di tangan vendor, oleh karena itu Klik Tukang sejak awal menginstruksikan ke  para tukang untuk hanya menyanggupi pesanan yang dapat mereka kerjakan. "Untuk jaminan tergantung masing-masing vendor," kata Astrid.

Sampai pada 3 Februari 2017 jumlah pengguna Klik Tukang mencapai 14.076 user dengan puluhan transaksi per hari. Pada bulan ini, Klik Tukang berencana menambah enam layanan baru, yaitu small home renovation seperti  cat, las, plafon, atap, kusen, dan batu atau keramik.

Fokus pasar Klik Tukang saat ini jatuh kepada konsumen individu. Dengan sekitar 300 jumlah tukang, Klik Tukang sudah tersebar di area Jabodetabek. Astrid mengatakan selama ini transaksi paling banyak terjadi di Jakarta Barat dan Jakarta Selatan.

Secara bisnis model, pendapatan Klik Tukang datang dari sistem booking fee. Astrid menjelaskan pihaknya tidak mengambil komisi dari tiap tukang. "Sebenarnya ini termasuk visi misi kita juga yang ingin menyejahterakan perusahaan kecil menengah dan individu yang bergerak di bidang teknisi, " kata Astrid.

Ke depan, Klik Tukang berharap dapat menambah jumlah pelanggan dan kerja sama dengan institusi yang bergerak di bidang properti dan real estate. Untuk jangka panjang Klik Tukang berencana memperluas transaksi hingga ke kota besar lain dan menambah layanan baru lainnya.

Astrid optimis startup ini memiliki prospek yang baik dengan mengaca pada pesatnya perkembangan Klik Tukang. Semakin banyak dan mudah mengajak vendor perusahaan teknik untuk bekerjasama.


Reporter Danielisa Putriadita
Editor Johana Ani K.

PELUANG USAHA

Feedback   ↑ x
Close [X]