kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Dengar bunyi gabruk usaha Mie Gubrakkk


Minggu, 01 Februari 2015 / 16:31 WIB
Dengar bunyi gabruk usaha Mie Gubrakkk
ILUSTRASI. Kode Redeem FF 14 Agustus 2023 Menangkan Reward Karakter hingga Room Card


Reporter: Yuthi Fatimah | Editor: Rizki Caturini

Bisnis kuliner menu mi ayam tidak pernah surut. Makin banyak bermunculan gerai-gerai mi di berbagai tempat. Tingginya persaingan membuat para pelaku bisnis ini saling adu kreativitas demi menyajikan mi dengan keunikan tersendiri. Salah satunya Mie Gubrakkk.

Usaha rintisan Asri Satriana ini berdiri sejak Januari 2013 di Semarang, Jawa Tengah. Gerai ini menawarkan menu mi beraneka topping seperti ayam, jamur, gelantin, dan sapi. Seperti slogan Mie Gubrakkk, yakni "Rajanya Mie Pedasss", gerai ini juga menyajikan menu dengan berbagai tingkat level rasa pedas. Ada level tiga sampai sembilan, sampai plus plus untuk ekstra pedas.

Untuk mengembangkan usaha, Asri mulai menawarkan kemitraan usaha pada pertengahan tahun 2013. Kini, Mie Gubrakkk sudah memiliki enam gerai milik mitra yang tersebar di Semarang dan Yogyakarta.

Asri menawarkan paket investasi sekitar Rp 78 juta. Besaran investasi tersebut sudah termasuk biaya sewa tempat Rp 30 juta per tahun. "Untuk biaya sewa tempat di sekitar Semarang dan Yogyakarta sekitar Rp 30 juta per tahun. Tapi, nanti harga bisa berubah tergantung dimana mitra akan membuka gerai," jelas Asri kepada KONTAN.

Dari modal tersebut, mitra akan mendapatkan bahan baku berupa tepung pembuat mi, minyak bumbu, bumbu untuk topping, sambal, kecap, peralatan memasak, mesin mi, mesin kasir dan interior ruangan.

Bagi hasil 40%

Berdasarkan pengalaman gerai yang sudah ada, Asri mengestimasi mitra dapat meraup omzet Rp 30 juta hingga Rp 50 juta setiap bulan. Dengan laba bersih 40% dari omzet, mitra bisa balik modal dalam waktu sekitar satu tahun.

Asri tidak memungut biaya royalti, namun mitra wajib membeli bahan baku dari pusat. Selain itu, mitra juga harus memberikan setoran ke pusat sebesar 40% dari keuntungan bersih yang diperoleh per bulan.

Mie Gubrakkk juga menyediakan menu nasi goreng dengan beberapa pilihan campuran, seperti bakso, sosis, kornet, telur, dan rendang. Agar makin memiliki keunikan, Mie Gubrakkk juga memiliki menu minuman andalan, seperti es hejo yang merupakan minuman dengan berbagai macam isi berwarna hijau, seperti jeruk lemon, melon, dan nata de coco. Minuman lainnya adalah es rempong. Seperti namanya, ini merupakan es dengan banyak campuran seperti nata de coco, selasih, jelly, cincau, dan kolang-kaling.

Asri menargetkan bisa menggandeng lima mitra baru di tahun ini. Dia juga tahun ini akan melakukan inovasi menu, yaitu menambah varian topping mi yakni seafood.

Pengamat Bisnis dari Proverb Consulting, Erwin Halim menilai, persaingan dalam bisnis kuliner mi semakin ketat. "Penting untuk pelaku usaha terus melakukan inovasi menu yang unik agar bisnis bisa berkembang," ujarnya.       n

Mie Gubrakkk     
Jl Menoreh Utara XII no 1 A Sampangan, Semarang
HP: 081803153195

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×