kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Enam jurus dalam memulai bisnis daring


Selasa, 23 Februari 2016 / 17:04 WIB
Enam jurus dalam memulai bisnis daring


Reporter: Asih Kirana Wardani, Marantina, Oginawa R Prayogo | Editor: S.S. Kurniawan

Sebenarnya, tak soal apa pun jenis produk barang dan jasa yang Anda pilih untuk ditawarkan secara online.

Menurut pendiri OMG Consulting Yoris Sebastian, ada enam jurus yang mesti Anda terapkan dalam memulai bisnis daring. Dia merangkum jurus tersebut dengan rumus 5W1H.

Pertama: Who am I? Di sini, calon onlinepreneur mesti mengenali diri sendiri terlebih dahulu untuk menentukan jenis bisnis yang hendak digeluti. Yoris mengambil contoh Ria Sarwono dan Carline Darjanto.

Duo pendiri Cotton Ink ini bersahabat sejak SMP dan sama-sama tertarik terhadap fashion. Jadi, mereka memilih busana sebagai bisnisnya.

KeduaWhat am I offering? Keduanya memikirkan konsep busana yang ditawarkan. Pilihannya, pakaian dengan desain yang simpel dan nyaman untuk dipakai sehari-hari atau ke kantor dengan harga terjangkau dan kualitas baik.

Ketiga: Why does it matter? Tidak semua orang merasa pantas atau suka mengenakan baju yang sedang trend. Jadi, mereka menciptakan busana yang mereka suka, teman-teman suka, sekaligus trendy.

Keempat: Whom are we talking to? Di sini, pelaku bisnis toko daring memikirkan pasar atau target produk mereka. Dus, produk pun harus disesuaikan dengan segmen pasar ini.

Dalam kasus Cotton Ink, pasar utamanya adalah perempuan usia 21 tahun25 tahun, yang tersebar di Indonesia dan Malaysia.

KelimaWhen is the right thing? Menurut Yoris, pertanyaan ini tak akan terjawab jika Anda tak pernah mencobanya. Duo pendiri Cotton Ink, misalnya, memilih untuk memulai bisnisnya sebagai side job sehingga mereka bisa belajar dulu sebagai karyawan.

Setahun kemudian, baru mereka mantap terjun sepenuhnya dib bisnis ini setelah penghasilan dari Cotton Ink menyamai gaji mereka sebagai karyawan. "Timing is everything," ujar Yoris.

KeenamHow to attract customer? Yoris mengatakan, setelah 5W tadi beres, barulah Anda memikirkan cara mempromosikan bisnis Anda. Banyak cara yang bisa ditempuh.

Namun, keunikan produk Anda paling menentukan kesuksesan bisnis Anda. Product is the best marketing tool.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×