kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Faizan garap kaligrafi 30 Juz dalam Alquran (3)


Kamis, 18 Oktober 2012 / 19:40 WIB
Faizan garap kaligrafi 30 Juz dalam Alquran (3)
ILUSTRASI. Seorang petugas kebersihan melintasi layar digital pergerakan saham di?Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Rabu (28/7/2021). ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/hp.


Reporter: Marantina | Editor: Havid Vebri

Lantaran terbuat dari pasir laut, kaligrafi pasir karya Ahmad Faizan’z Makhadatu (38) menjadi unik dan terkenal. Apalagi, belum banyak seniman yang membuat lukisan kaligrafi dari pasir. "Membuat lukisan kaligrafi pasir ini memang tidak mudah," kata Faizan.

Meski sudah 10 tahun membuat kaligrafi pasir,  Faizan mengaku masih sering mengalami kesulitan, terutama dalam mencari ide untuk lukisannya. Jika sudah mendapat ide, pembuatan kaligrafi pasir ini hampir sama dengan melukis menggunakan cat.

Perbedaannya hanya pada material pasir laut dan lem sebagai perekat pasir ke kanvas. Lantaran menggunakan pasir, tentu lukisan kaligrafi ini tidak bisa dibuat warna-warni. Faizan menggunakan warna alami pasir laut pada setiap karyanya. “Saya tidak mau merusak warna asli pasir yang sudah disediakan alam,” ujarnya.

Agar warnanya menarik, ia ia mengkombinasikan warna pasir putih dan pasir hitam.Selain dari Yogyakarta, Faizan mendapat pasokan pasir laut dari daerah lain, seperti Jawa Tengah, Jawa Timur, Lampung, Sumatera Selatan, hingga Cilacap.

Untuk membuat satu lukisan saja, biasanya Faizan merogoh biaya sekitar Rp 500.000 hingga Rp 1 juta untuk membeli pasir laut. Faizan mengaku, seluruh proses pembuatan lukisan dikerjakan oleh dirinya sendiri.

Hingga saat ini, Faizan terus berkarya dengan lukisan kaligrafi pasirnya. Proyek yang sekarang sedang dikerjakannnya adalah merampungkan 30 juz Al-Quran ke dalam lukisan pasir.

Ia menargetkan, proyek ini bakal rampung dalam waktu empat hingga lima tahun mendatang. Kini, Faizan sudah menyelesaikan empat juz Al-Quran yang dilukisnya dalam kanvas berukuran 70 meter (m) x 120 m.

Menurut perhitungan Faizan, biaya untuk menyelesaikan proyek impiannya itu bisa mencapai Rp 2 miliar. “Mohon doanya saja supaya bisa selesai dan bermanfaat bagi banyak orang,” tuturnya.

Selain itu, ia juga ingin mendirikan museum kaligrafi pasir.

(Selesai)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×