kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45926,73   11,38   1.24%
  • EMAS1.310.000 -1,13%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Gelembung laba dari bisnis binatu


Selasa, 27 Januari 2015 / 17:07 WIB
Gelembung laba dari bisnis binatu
ILUSTRASI. Harga Emas di Pegadaian, Siang Ini Rabu 9 Agustus 2023. ANTARA FOTO/Galih Pradipta/rwa.


Reporter: Izzatul Mazidah | Editor: Rizki Caturini

Bisnis jasa binatu masih menjanjikan. Apalagi ketika musim hujan seperti sekarang, jasa laundry makin banyak dicari. Itu yang membuat Sugeng Riyadi memutuskan mendirikan usaha binatu kiloan bernama Tika Laundry di Semarang, Jawa Tengah pada 2008 silam.

Tiga tahun setelahnya Sugeng memutuskan menawarkan kemitraan usaha. Saat ini dia sudah memiliki 11 mitra yang tersebar di daerah-daerah Jawa Tengah seperti Pati dan Jepara sertai satu gerai milik pusat di Semarang. Agar sebaran lokasi usaha mitra lebih luas, Sugeng kini mulai menawarkan kemitraan lewat situs.

Jika berminat, ada tiga jenis paket investasi yang ditawarkan. Yakni paket silver seharga Rp 20 juta−Rp 100 juta, paket gold senilai Rp 50 juta−Rp 100 juta dan paket platinum seharga Rp 100 juta−Rp 200 juta.

Untuk paket silver, mitra akan mendapatkan dua unit mesin cuci, dua mesin pengering, satu setrika uap, bahan baku deterjen, pewangi pakaian, dan pelicin pakaian untuk tiga bulan.

Untuk paket gold, mitra akan mendapat tiga mesin cuci, tiga mesin pengering, satu setrika uap, dan bahan baku deterjen, pewangi pakaian juga pelicin pakaian untuk tiga bulan. Pada paket ini biaya sudah termasuk sewa tempat dan dekorasi tempat, sehingga mitra bisa langsung membuka usaha.

Pada paket platinum, mitra akan mendapat lima unit fasilitas mesin cuci dan pengering, tiga setrika uap, bahan baku awal serta biaya sewa tempat dan pembangunan dekorasi tempat usaha.

Cucian bisa ditunggu

Harga jasa cuci selesai dalam 12 jam berkisar Rp 4.000−Rp 5.000 per kg. Sementara untuk cuci selesai dalam sembilan jam dikenakan biaya Rp 6.500 per kg dan untuk jasa cuci selesai dalam tiga jam dikenakan tarif Rp 8.500 kg. Terakhir paket kilat yang bisa ditunggu dalam 30 menit akan dikenakan biaya jasa Rp. 14.000 per kg.

Tidak ada biaya royalti jika mitra mengelola sendiri usaha ini. Namun jika mitra meminta induk usaha menjalankan operasional usaha, maka akan diberlakukan sistem bagi hasil 60% untuk mitra dan 40% untuk pusat. Masa berlaku kerjasama berlaku selama dua tahun. "Besaran biaya perpanjangan kerjasama sedang dikaji," ujar dia.

Sugeng menghitung, mitra bisa pada paket silver bisa mengantongi omzet Rp 3 juta−Rp 7 juta per bulan. Untuk paket gold target omzet sekitar Rp 14 juta per bulan dan paket platinum bisa meraup omzet Rp 21 juta per bulan. "Target balik modal kurang lebih 11 bulan−12 bulan," ujar dia.

Erwin Halim, pengamat bisnis dari Proverb Consulting berpendapat, bisnis laundry akan terus bertumbuh seiring meningkatnya ekonomi masyarakat dan pergeseran gaya hidup masyarakat. Namun, calon mitra harus mencermati dukungan yang dijanjikan pusat itu selayaknya tertulis dalam kontrak kerjasama. n

Tika Laundry      
Jl. Pete Raya No. 06, Sekaran, Gunung Pati, Semarang, Jawa Tengah.
HP: 08562652291

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×