kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Gurih tawaran usaha olahan ayam renyah


Rabu, 08 Juni 2016 / 17:40 WIB
Gurih tawaran usaha olahan ayam renyah


Reporter: Jane Aprilyani | Editor: Rizki Caturini

Usaha olahan ayam goreng di tanah air tetap menggeliat. Menu ini sudah menjadi menu sehari-hari. Tak heran, usaha olahan ayam potong bermunculan di berbagai daerah. Salah satu pengusaha yang ikut berkecimpung di bisnis ayam olahan ini  adalah Aden Nur Iman, pemilik Chicken Level di Bandung, Jawa Barat.

Ia mulai usaha pada Maret 2010 lalu dan mantap menawarkan kemitraan pada tahun 2014. Kini ada tujuh gerai beroperasi di Bandung, lima gerai milik mitra dan dua gerai milik pusat.

Chicken Level menawarkan tiga varian ayam, yaitu chicken original, chicken blackpepper, chicken spicy, aneka jenis burger, spaghetti, chicken ramen, paket nasi dan menu lainnya.

Adapun paket investasi yang ditawarkan ada lima. Pertama, paket booth outdoor senilai Rp 10 juta. Kedua, paket booth indoor senilai Rp 35 juta. Mitra akan mendapat booth, pelatihan, SOP peralatan dan perlengkapan usaha. Perbedaan fasilitas terletak pada kelengkapan peralatan usaha dan jumlah bahan baku awal.

Ketiga, paket investasi food truck senilai Rp 150 juta. Mitra akan mendapat mobil food truck yang dicicil pembeliannya oleh mitra, tenda, peralatan masak, perlengkapan usaha, pelatihan, serta bahan baku awal lebih banyak. Kontrak kemitraan empat tahun.

Keempat, paket mini resto senilai Rp 200 juta. Mitra akan mendapat fasilitas desain tempat usaha, peralatan masak dan perlengkapan usaha, pelatihan, SOP dan bahan baku awal yang lebih banyak. Kontrak kemitraan selama tiga tahun.

Nilai investasi sudah termasuk biaya kerjasama 20% dari nilai investasi per tahun. Mitra juga wajib membeli tepung dan bahan baku lainnya ke pusat.

Cermati lokasi usaha

Kelima, paket agen wilayah senilai Rp 250 juta. Mitra akan mendapat 30% dari nilai investasi setiap mitra yang bergabung di wilayahnya. Agen wilayah hanya membeli produk bumbu dan material kemasan Chicken Level dan mendistribusikan barang ke mitra serta perlengkapan dan bahan baku yang dibutuhkan calon mitra.

Aden mengklaim, kelebihan Chicken Level terletak pada inovasi produk yang selalu mengikuti tren produk olahan ayam di pasaran. Harga jual menu dari Rp 2.000 hingga Rp 15.000 per porsi. Mitra ditargetkan menjual 130 porsi ayam, 39 burger, 15 spaghetti dan sejumlah menu lainnya per hari. Dengan begitu, mitra akan mendapat omzet Rp 2 juta per hari atau Rp 62 juta per bulan. Setelah dikurangi biaya-biaya operasional, mitra bisa meraup laba bersih hingga 30% dari omzet per bulan. Minimal luas ruangan sekitar 3 m x 4 m untuk paket booth dan 10 m x 10 m untuk mini resto.

Menurut Erwin Halim, Konsultan Waralaba dari Proverb Consulting, usaha olahan ayam mudah ditiru oleh pelaku usaha baru. Sehingga lokasi dan keunikan produk menjadi salah satu kunci memenangkan persaingan.              n

Chicken Level
Jalan Palem 2 No 6, Sekeloa, Coblon, Bandung.
HP: 08562115111

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Tag


TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×