: WIB    --   
indikator  I  

Hamzah rambah bisnis properti dan biro haji (3)

Hamzah rambah bisnis properti dan biro haji (3)

Sebagai pebisnis,  Hamzah Musawa merasakan betul sokongan media online dalam  membesarkan usahanya. Setelah sukses membesarkan usaha percetakan,  herbal dan oleh-oleh haji, Hamzah tak mau berpuas diri. Ia mulai  menjajal bisnis properti dan membuka diri terhadap berbagai peluang  usaha baru.

Saat mulai membesarkan usaha toko herbal dan oleh-oleh haji yang dirintisnya sejak 2004, Hamzah mengenal strategi penjualan via online. Ia pun serius menggarap website untuk tokonya demi menjaring pelanggan dari luar Semarang.

Tidak main-main, Hamzah pun membuat lima website untuk memasarkan bisnisnya tersebut. Diantaranya ada tokomarwa.com, berkahherbal.com dan grosirhaji.com. Tak percuma, pilihannya memakai jalur pemasaran secara online tersebut menjadi kunci penting dalam membesarkan usaha.

Ia mencontohkan, salah satu website tersebut telah memiliki 21.000 member yang terdiri atas pelanggan dan reseller. Menurut Hamzah, para pembeli sekarang ini sudah melek teknologi dan terbiasa melakukan transaksi jarak jauh. Oleh karena itu, media online efektif digunakan untuk menjaring tipe pembeli yang seperti ini.

"Saya berusaha melayani pembeli dengan baik melalui online karena ini menyangkut kepercayaan," tutur Hamzah. Dari toko online itu, Hamzah mampu menjaring pembeli dari berbagai wilayah Indonesia, bahkan pembeli dari luar negeri.

Setelah bisnis percetakan, herbal dan oleh-oleh haji dirasa sudah cukup mapan, Hamzah pun mulai merambah bisnis properti.  Ia bekerja sama dengan sejumlah rekannya membangun usaha Rumah Desain yang melayani jasa pembuatan properti, konsultasi perizinan, perkreditan, serta interior.

Hasrat Hamzah untuk berbisnis tidak berhenti. Ia pun masih memiliki mimpi menggeluti satu jenis bidang usaha baru. Hamzah berencana  membuka usaha biro umrah dan haji. "Mudah-mudahan tahun depan sudah mulai berjalan," tutur Hamzah mengenai rencana bisnis barunya tersebut.

Menurutnya, bisnis ini masih berkaitan dengan bisnis oleh-oleh haji yang sudah dirintisnya. Ia yakin bisnis barunya itu dapat saling melengkapi. Hamzah meyakini, berbagai usaha bisa digeluti seseorang dengan baik jika memiliki minat yang serius dan kerja keras.

Untuk itu, wirausahawan harus berani membuka peluang usaha-usaha baru. Hamzah juga mengingatkan agar dalam berbisnis tetap mengutamakan moral yang baik. Menurutnya, kejujuran dalam usaha sangatlah penting.

Ia juga berpesan agar membagikan sebagian hasil yang diperoleh pada orang-orang yang membutuhkan. Ia percaya, dengan berbagi pada orang lain yang membutuhkan, jalan rezeki pun akan semakin lapang.

(Selesai)


SUMBER : Kontan 25/10/2012
Editor Havid Vebri

INSPIRASI HAMZAH MUSAWA

Feedback   ↑ x