: WIB    --   
indikator  I  

Hangat tawaran bisnis mi super pedas

Hangat tawaran bisnis mi super pedas

JAKARTA. Di Indonesia, mi sudah menjadi makanan pokok kedua setelah nasi. Tak heran, bila makanan olahan mi selalu ramai diserbu konsumen. Itu juga yang mendorong banyak orang terjun ke usaha ini. Bahkan, banyak dari mereka yang menawarkan kemitraan  guna mengembangkan usahanya.

Salah satunya adalah Basuki Rahmat yang mengusung merek Mie Super Hot di Cibinong, Bogor. Berdiri tahun 2013, Mie Super Hot resmi menawarkan kemitraan tahun 2015.

Saat ini ada 4 gerai mitra Mie Super Hot di Cimanggis, Karawang, Cileungsi, dan Cikarang. Sementara gerai pusat ada di Cibinong, Bogor. Saat ini, peluang kemitraan Mie Super Hot masih terbuka.

Ada dua paket investasi yang ditawarkan. Yakni, paket senilai Rp 45 juta dan Rp 65 juta. "Bedanya ada pada support untuk alat dapur dan area costumer," ujar Basuki.

Untuk paket Rp 45 juta fasilitasnya mencakup brand, resep, support marketing dan media promosi. Fasilitas ini juga terdapat dalam paket Rp 65 juta. Bedanya, khusus paket ini juga mendapatkan peralatan dapur lengkap, serta 10 set meja kursi untuk konsumen.

Semua mitra mendapatkan training dan pendampingan. Training dilakukan selama satu bulan sebelum pembukaan gerai, sedangkan pendampingan selama satu bulan pertama pembukaan gerai. "Training bisa dilakukan di gerai mitra, bisa pula di pusat," jelas Basuki.

Investasi awal ini belum mencakup bahan baku. Basuki memperkirakan, di awal butuh modal untuk bahan baku Rp 4 juta-Rp 5 juta. "Bahan baku itu berputarnya cepat, karena di awal kami pasti ada promo undang massa," jelas Basuki.

Mie Super Hot menjual menu mi, nasi, roti bakar dan berbagai macam menu minuman dan cemilan. Menu makanan dijual mulai harga Rp 12.000-Rp 26.000. Sedangkan minuman dari harga Rp 4.000 hingga Rp 15.000.

Omzet Rp 2 juta

Menyasar anak muda dengan menu yang ekonomis, mitra diharapkan bisa meraup omzet Rp 2 juta per hari. Setelah dipotong biaya royalti sebesar 2%, mitra diperkirakan masih bisa meraup laba bersih sekitar 20%-25%. Dari situ diharapkan balik modal dalam waktu kurang lebih 1 tahun.

Masa berlaku kerjasama ini berlangsung selama 5 tahun. Setelah kontrak habis, mitra bisa memperpanjang dengan biaya tertentu. Bicara soal lokasi, Basuki menyarankan mitra memilih lokasi dekat dengan sekolah, pemukiman, atau tempat tongkrongan anak muda. Luasnya gerai berkisar 150 meter persegi, mencakup bangunan dan parkiran. Satu gerai Mie Super Hot idealnya dikelola 7-8 orang karyawan.

Pengamat Waralaba, Djoko Kurniawan menilai, bisnis kafe dengan menu utama mi masih sangat potensial. Berkaca dari brand-brand sejenis yang sudah lebih dulu terkenal, pasarnya cukup besar. "Tapi hati-hati karena usaha ini juga gampang ditiru," ujarnya.

Karena itu, Djoko menyarankan pemilik usaha untuk memperkuat brand dengan cara menumbuhkan awareness di kalangan konsumen.

Di tahap lanjutan, usaha ini juga harus menancapkan brand image yang juga berkaitan dengan identitas usaha. Salah satunya lewat seragam logo dan warna dominan di tiap gerai.

Mie Super Hot                                                                                                                                                                                                                                   Jl. Tegar Beriman No. 5,                                                                                                                                                                                                                       Pakasdari, Cibinong, Bogor, Jawa Barat                                                                                                                                                                                               Tlp. 081316177698


Reporter Nisa Dwiresya Putri
Editor Havid Vebri

USAHA IKM

Feedback   ↑ x
Close [X]