kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Iming-iming peluang usaha es krim dari Bandung


Sabtu, 01 Agustus 2015 / 10:00 WIB
Iming-iming peluang usaha es krim dari Bandung


Reporter: Silvana Maya Pratiwi | Editor: Tri Adi

Peluang bisnis es krim masih menjanjikan. Itu juga yang mendorong Ice Cream Bandoeng Van Java menawarkan kemitraan usaha. Ada dua pilihan paket investasi senilai Rp 12 juta dan Rp 3,5 juta. Ada juga paket reseller Rp 1 juta.

Tawaran kemitraan es krim masih terus bermunculan. Salah satu pemain yang gencar menawarkan kemitraan adalah Aries Hiola yang mengusung brand Ice Cream Bandoeng Van Java di Bandung, Jawa Barat. Usaha yang berdiri sejak 2012 ini resmi menawarkan kemitraan awal 2014 lalu.

Saat ini, Bandoeng Van Java sudah memiliki lima gerai yang berlokasi di Serang, Cikarang, Jakarta Selatan, dan Bandung. Dari semua gerai yang beroperasi, satu milik pusat dan empat milik mitra.

Ice Cream Bandoeng menawarkan dua paket investasi senilai Rp 12 juta dan Rp 3,5 juta. Mitra akan mendapatkan perlengkapan produksi, bahan baku awal, dan pelatihan. Yang membedakan kedua paket ini adalah jumlah perlengkapan yang didapatkan. "Paket Rp 12 juta tentu jauh lebih lengkap," kata Aries.

Kerjasama ini berlangsung selama empat tahun. Bila  mitra ingin memperpanjang kontrak dikenakan biaya 30% dari investasi awal. Kerjasama ini tidak memunggut royalti fee. "Royalti fee sudah termasuk dari biaya investasi di awal," kata Aries.

Hanya, mitra wajib membeli bahan baku susu berbahan dasar nabati yang merupakan hasil racikan sendiri. Untuk bahan lain mitra diperbolehkan membeli di luar.

Selain kemitraan, Ice Cream Bandoeng juga menawarkan peluang menjadi resseler dengan minimal pembelian Rp 1 juta. Reseller mendapatkan produk dan x-banner. "Agen atau reseller cukup menyediakan freezer ukuran 110 liter," jelas Aries.

Ice Cream Bandoeng Van Java menjual tiga macam es krim. Antara lain brownies sandwich es krim, cup es krim, dan choco es krim. Untuk varian rasanya ada 12 pilihan yang terdiri dari vanila, coklat, choco mint, bubble gum, stroberi fruity, lecy fruity, durian kismis, dan bluberry. Sedangkan untuk varian rasa spesial ada greentea, vanila cheese, vanila oreo, dan coffee creamy. "Varian brownies sandwich es krim itu belum ada yang jual, selain itu pilihan rasa kami lebih banyak," ujarnya berpromosi.

Menurut Aries, gerai yang sudah beroperasi selama ini bisa menjual sekitar 50-70 pieces es krim dalam sehari. Keuntungan bersih yang didapatkan dari usaha ini mencapai Rp 2 juta-Rp 2,5 juta per bulan. Mitra bisa balik modal dalam waktu empat sampai lima bulan.       

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×