kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |
  • USD/IDR13.578
  • SUN103,52 -0,01%
  • EMAS601.968 -0,33%
  • RD.SAHAM 0.66%
  • RD.CAMPURAN 0.16%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.07%

Injeksi kimia beton yang berbuah laba

Rabu, 29 September 2010 / 10:50 WIB

Injeksi kimia beton yang berbuah laba


Pelaku usaha di sektor industri kimia pasti tak asing lagi dengan pelapis fiberglass maupun pelapis kimia lainnya. Selain mencegah beton keropos, pelapis kimia juga bisa menangkal kebocoran. Kian meningkatnya permintaan jasa pelapisan kimia ini membuat potensi bisnisnya merekah. Salah seorang pelaku usaha ini bisa meraih pendapatan Rp 80 juta per proyek.

proses pelapisan pada bangunan dengan menggunakan campuran bahan kimia, menjadi kebutuhan penting bagi beberapa industri. Maklum, mereka menuntut kondisi steril untuk proses produksinya. Pelapisan juga dibutuhkan bagi pabrik-pabrik yang memiliki ruangan dengan tingkat keasaman tinggi.

Misalnya, perusahaan pengolahan limbah. Mereka harus melapisi beton-beton bangunan tempat pengolahan limbah tersebut, sehingga cairan limbah yang mengandung tingkat keasaman tinggi tak membahayakan.

Selain itu, produsen makanan dan minuman atau perusahaan farmasi juga memerlukan pelapis kimia untuk lantai pabrik. Tujuannya agar pabrik selalu steril dan mudah dibersihkan. Kolam renang maupun lantai kamar mandi di apartemen juga membutuhkan lapisan agar air tidak merembes.

Alhasil, banyaknya permintaan permintaan ini makin membuka peluang bisnis pelapis kimia. Tak heran, banyak pemodal tertarik.

Salah satunya adalah Yulianto Kristianto. Pemilik Global Karya Fiberglass ini menyediakan jasa pelapisan menggunakan campuran kimia yang telah berbentuk lapisan fiberglass.

Yulianto bilang, jenis cairan kimia untuk pelapis ini berbeda-beda, tergantung dari penggunaannya. "Bisa sampai 10 jenis bahan kimia yang digunakan," ujarnya.

Global Karya menawarkan jasa pelapisan fiberglass untuk tanki air agar tidak dilumuti dan melapisi seng supaya antiultraviolet.

Ia juga menyediakan pelapis kolam renang. Karena baru lima bulan beroperasi, Yulianto mengaku belum mendapatkan banyak pelanggan. "Omzetnya baru sekitar Rp 20 juta per bulan," imbuh dia.

Harga jual pelapis fiberglass ditetapkan dari penggunaan bahan kimia, ketebalan dan jumlah fiberglass yang dibutuhkan. Ketebalan pelapis fiberglass mulai dari satu milimeter (mm) hingga dua centimeter (cm). Kisaran harganya sekitar Rp 70.000-Rp 1 juta per m².

Namun tidak semua pelaku usaha ini menawarkan jasa pelapisan tidak dalam bentuk lapisan fiberglass. Sebut saja Adjie Sukari, pemilik CV Bangun Kriya Kencana di Bekas, yang menawarkan jasa injeksi bahan kimia ke dalam beton.

Penentuan biaya material dan jasa pelapisan tergantung dari banyaknya titik daerah yang akan dilapisi. Misalnya, Adjie pernah mendapat proyek pelapisan untuk perusahaan air minum di Jatinegara senilai Rp 80 juta.

Selain itu, injeksi beton juga bisa difungsikan untuk mencegah kebocoran di kolam renang. Beton yang retak dan keropos akibat cairan dengan tingkat keasaman tinggi juga bisa diperbaiki dengan injeksi beton. "Kami biasanya memberi garansi terhadap jasa pelapisan ini sekitar satu hingga dua tahun," kata Adjie.

Deddy Purnama, pemilik PT Putra Purnama Mandiri di Surabaya, menambahkan, jasa pelapisan kimia ini sejatinya belum terlalu banyak diketahui manfaatnya masyarakat luas. "Paling baru perusahaan besar yang sudah memanfaatkan jasa pelapisan ini," kata dia.

Deddy sendiri menyediakan jasa pelapis fiberglass. Untuk instalasi air limbah, misalnya, dia menyarankan minimal menggunakan tiga pelapis fiberglass. Harganya sebesar Rp 140.000 m². Sayangnya, Deddy enggan membocorkan omzet perusahaannya. "Saat ini kami tidak bisa mengatakannya," ujar dia.

Tak hanya dari industri besar, menurut Yulianto, dewasa ini permintaan pelapis fiberglass makin diminati sebagai pengganti karpet pada talang air. Sebelumnya, karpet ini banyak dipakai melapisi talang air supaya tak bocor.

Biasanya penyedia jasa pelapisan melengkapi jasanya dengan garansi. "Maklum, konsumen saya kebanyakan dari pabrik-pabrik di seluruh Indonesia," katanya.




Reporter Rizki Caturini
Editor : Tri Adi
Berita terbaru Peluang Usaha

Komentar
TERBARU
KONTAN TV
Hotel Santika Hayam Wuruk
07 March 2018 - 08 March 2018
Hubungi Kami
Redaksi : Gedung KONTAN,
Jalan Kebayoran Lama No. 1119 Jakarta 12210.
021 5357636/5328134
moderator[at]kontan.co.id
Epaper[at]kontan.co.id
Iklan : Gedung KOMPAS GRAMEDIA Unit 2
Lt 2 Jl. Palmerah selatan 22-28
Jakarta Selatan 10740.
021 53679909/5483008 ext 7304,7306
2018 © Kontan.co.id All rights reserved
Sitemap | Profile | Term of Use | Pedoman Pemberitaan Media Siber | Privacy Policy