kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,51   7,16   0.77%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Inovasi Adroady, pasang iklan video di kaca mobil


Kamis, 08 Februari 2018 / 09:30 WIB
Inovasi Adroady, pasang iklan video di kaca mobil
ILUSTRASI. Edward Halley dan Greg Marchand


Reporter: Elisabeth Adventa | Editor: Johana K.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pergeseran media periklanan dari konvensional ke arah digital membuat iklan luar ruangan (outdoor advertisement) semakin ditinggalkan. Sekitar tiga tahun belakangan, outdoor advertisement semakin lesu dan pemainnya mulai beralih ke iklan digital. Kondisi itulah yang mendorong Adroady, startup outdoor advertising berinovasi menggabungkan teknologi digital dan outdoor advertisement.

CEO & Founder Adroady, Edward Halley yakin bahwa Adroady bisa membangkitkan kembali outdoor advertisement yang selama ini makin lesu dengan mengenalkan programmatic out-of-home mobile digital media. Lewat teknologi tersebut iklan video luar ruang bakal terprogram secara otomatis dan mobile.

"Programmatic video ini berbentuk videotron yang dipasang di kaca belakang mobil. Mungkin platform iklan yang seperti ini pertama di dunia," kata Edward. Dengan memasang video iklan di kaca belakang mobil, memungkinkan pengemudi mobil lainnya melihat video iklan terlebih jika dalam keadaan macet.

Lebih lanjut, ia menjelaskan programmatic video adalah teknologi yang memungkinkan pengiklan meng-upload video secara real time. Selain itu, video bisa berganti otomatis sesuai dengan lokasi atau waktu. Pengiklan juga bisa memprogram video mana yang tidak ingin ditayangkan saat mobil melintasi area tertentu.

"Pengiklan seharusnya bisa mengontrol kampanye mereka sepenuhnya. Kapan dan dimana iklan mereka bisa terlihat publik. Atau video mana yang ingin mereka tunjukkan di area tertentu. Teknologi Adroady ini akan membuat kampanye marketing tepat sasaran dan terukur," papar Edward.

Efektifitas iklan diukur berdasarkan banyaknya views

Teknologi programmatic video Adroady dibangun berdasarkan gabungan dari teknologi internet-of-things, big data dan machine learnings. Edward menjelaskan secara singkat cara kerjanya, yaitu setelah pengiklan meng-upload video mereka lewat dashboard website, server akan mengirim video materi iklan ke aplikasi yang ada di smartphone pengemudi.

Kemudian, si pengemudi ‘berkomunikasi’ dengan komputer mini yang terpasang di dalam mobil. Komputer mini ini yang akan mengubah konten di videotron lewat koneksi wifi. "Adroady juga memasang dua kamera di bagian belakang mobil supaya pengemudi bisa tetap melihat semua yang terjadi di belakang mobil dan untuk menghitung berapa banyak kendaraan yang sudah melihat iklan videotron," jelas Edward.

Hasil tersebut langsung ditransmisikan ke dashboard pengiklan, sehingga dalam sekejap pengiklan bisa memonitor seberapa berhasil kampanye marketingnya. Edward menuturkan apabila efektifitas iklan diukur berdasarkan banyaknya views.

"Kami percaya, iklan luar ruangan masih belum mati. Pengiklan hanya belum menemukan ruang yang tepat untuk menyalurkan kreativitas mereka saat dihadapkan dengan iklan luar ruangan. Adroady mewadahi ruang kreativitas tersebut sekaligus menyediakan proses otomasi. Tentunya menjadi sebuah iklan yang terukur juga dengan adanya programmatic video," tambah Greg Marchand, Co-founder Adroady.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×