kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |
  • USD/IDR13.864
  • SUN99,38 -0,55%
  • EMAS614.076 -0,49%
  • RD.SAHAM 0.66%
  • RD.CAMPURAN 0.16%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.07%

Iswanto Amperawan, orang lapangan jadi bos kontraktor

Sabtu, 20 Januari 2018 / 16:52 WIB

Iswanto Amperawan, orang lapangan jadi bos kontraktor
ILUSTRASI. Ir. Iswanto Amperawan, Dirut PT PP Presisi Tbk (PPRE)

KONTAN.CO.ID - LANTARAN menyukai proses pembangunan gedung bertingkat, seorang Iswanto Amperawan bertekad untuk menjadi insinyur sipil dan bekerja sebagai kontraktor. Cita-citanya pun tercapai. Bahkan kini, Iswanto sukses meraih puncak kariernya di perusahaan jasa konstruksi gedung, PT PP Presisi Tbk sejak tahun2017 lalu. Seperti apa kisahnya?

TAHUN 2017 lalu menjadi tahun yang tak akan pernah dilupakan oleh seorang Iswanto Amperawan. Pasalnya, pria yang tahun ini akan menginjak usia 52 tahun ini dipercaya untuk memimpin PT Pembangunan Perumahan (PTPP) Presisi Tbk, anak usaha PTPP (Persero) Tbk.

Terpilihnya Iswanto menjadi bos anak perusahaan badan usaha milik negara (BUMN) konstruksi itu bisa dibilang mengejutkan. Bahkan, untuk Iswanto sendiri. Maklum, selama ini sepanjang kariernya di PTPP, Iswanto lebih banyak bergelut dengan jabatan teknis ketimbang jabatan struktural.

Saat berbincang dengan KONTAN, Senin (15/1) lalu, Iswanto mengaku tak pernah memprediksi dirinya akan terpilih memimpin perusahaan anak usaha, yakni Direktur Utama PTPP Presisi. Apalagi, dia mengaku tidak pernah punya target untuk sebuah jabatan dalam perjalanan kariernya.

"Saya lebih fokus merintis karier secara profesional dalam arti mengerjakan berbagai proyek-proyek konstruksi," ujar dia.

Iswanto memilih untuk tidak masuk ke struktur perusahaan, karena dengan begitu, dia merasa bisa lebih mengaktualisasikan diri dan berkontribusi semaksimal mungkin terhadap bidang ilmu yang dipelajarinya, yakni teknik sipil.

Ada sisi menarik dari pilihan Iswanto mempelajari teknik sipil, yakni kegemarannya melihat proyek pembangunan gedung.

Lelaki kelahiran Bengkulu 30 Mei 1966 ini mengaku lahir dan besar di Sumatera. Pada era 1980-an, di pulau itu masih sangat minim pembangunan gedung bertingkat.

Makanya, ketika dia hijrah dari Bengkulu ke Yogyakarta untuk melanjutkan sekolah, saat dia melintasi jalanan di Jakarta, Iswanto begitu terkesima melihat pembangunan berbagai gedung tinggi di Ibukota. Dari situlah ia berkeinginan suatu saat akan terlibat dalam pembangunan gedung-gedung bertingkat.

Setelah lulus SMA, Iswanto pun memilih kuliah di Teknik Sipil Universitas Gadjah Mada (UGM). Ia lulus pada tahun 1991 dengan konsentrasi pada gedung.

Menjadi insinyur bidang teknik sipil tahun 1991 membuat Iswanto tak sulit mencari pekerjaan. Tak lama setelah lulus kuliah, dia langsung diterima kerja di PTPP dengan posisi perdana sebagai site engineer dan bertahan satu tahun.

Tahun 1992, Iswanto diberi kepercayaan untuk menangani berbagai proyek dengan diangkat menjadi site engineering manager dan site operation manager sejak 1992 hingga 1997. Bahkan, saat jabatan lama masih dipegangnya, Iswanto dipercaya merangkap jabatan dengan memegang posisi sebagai project manager atau general manager/technical advisor pada 1994 dan bertahan hingga 2013.

Dengan jabatan yang diembannya tersebut, jangan pernah berharap Iswanto berada di belakang meja kerjanya setiap hari. Selama 22 tahun kariernya di bagian teknis tersebut, karier Iswanto matang di lapangan dan terlibat dalam sejumlah proyek strategis, seperti pembangunan Rumah Sakit Paser di Kalimantan Timur, Stadion Utama Riau Pekanbaru, dan Stadion Pakansari Cibinong, Bogor.


Reporter: Lidya Yuniartha
Editor: Yudho Winarto

CEO

Komentar
TERBARU
KONTAN TV
Hotel Santika Premiere Slipi Jakarta
14 May 2018
Hubungi Kami
Redaksi : Gedung KONTAN,
Jalan Kebayoran Lama No. 1119 Jakarta 12210.
021 5357636/5328134
moderator[at]kontan.co.id
Epaper[at]kontan.co.id
Iklan : Gedung KOMPAS GRAMEDIA Unit 2
Lt 2 Jl. Palmerah selatan 22-28
Jakarta Selatan 10740.
021 53679909/5483008 ext 7304,7306
2018 © Kontan.co.id All rights reserved
Sitemap | Profile | Term of Use | Pedoman Pemberitaan Media Siber | Privacy Policy
Close [X]
×