kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |
  • USD/IDR14.619
  • EMAS590.870 -0,68%

Jajaki peluang gerai Superindo Express

Minggu, 29 Juli 2018 / 10:05 WIB

Jajaki peluang gerai Superindo Express



KONTAN.CO.ID - Geliat bisnis ritel kerap naik turun selama setahun terakhir. Meski demikian, di sisi lain, bisnis minimarket terus berkembang. Kondisi tersebut dapat dilihat dari jumlah minimarket yang terus bertambah. Bahkan, kini, minimarket telah merambah sampai pedesaan.

Melihat besarnya pasar bisnis minimarket, Superindo Express di bawah naungan PT Lion Super Indo menggarap peluang kemitraan sejak 2016 lalu. Kini, Superindo Express sudah memiliki 5 gerai di sekitar Tangerang, Bekasi dan Depok.

"Awalnya, kami pakai brand Lion Express. Mulai tahun ini, kami rebranding jadi Superindo Express karena selama ini sering dikira sama dengan brand Lion Air," jelas Eric Rinaldo Syah, General Manager Retail Franchise PT Lion Super Indo, Minggu (22/7).

Paket investasinya  sebesar Rp 2 miliar. Mitra bakal mendapat fasilitas kerjasama sama franchise selama 5 tahun, instalasi rak dan peralatan usaha lengkap, list plang, standar operasional, desain, layout, pelatihan karyawan, sistem kasir dan pemesanan produk serta stok produk awal.

Luas ruang minimal 500 m². Eric bilang, Superindo Express memiliki fasilitas yang sama dengan Superindo reguler. Hanya saja, kapasitas fasilitasnya lebih kecil. "Tetap ada daging segar, ikan, juga makanan goreng siap saji," jelas Eric.

Ada 500-2.500 item produk di gerai minimarket mitra. Di samping itu, mitra bisa memesan langsung pasokan produk lewat sistem pemesanan online yang dipinjamkan oleh Superindo selama masa kerjasama. Satu gerai Super Express minimal punya 20 karyawan.

Bicara omzet, target perolehan satu gerai Rp 1 miliar per bulan. Eric juga mengatakan jika semua operasional Superindo Express dikelola oleh pihak Superindo. Mulai dari suplai  barang, pengelolaan keuangan sampai karyawan. "Jadi ini sistemnya franchise pasif, mitra tinggal duduk manis dan terima hasil. Semua kami kelola.

Karyawan kami rekrut dan kami kelola. Mitra tinggal memantau bisnis lewat sistem yang kami buat," kata Eric.
Pihak pusat menarik royalti tiap bulan. Biaya royalti tersebut berlaku bertahap, yakni dikenakan jika mitra sudah mencapai omzet Rp 1,4 miliar per bulan. Omzet Rp 1,4 miliar-Rp 1,6 miliar, biaya royaltinya sebesar 1%.

Adapun omzet Rp 1,6 miliar sampai Rp 1,8 miliar biaya royaltinya 2%.  Omzet lebih dari Rp 1,8 miliar sebesar 3%.
Mitra pun tinggal terima laba bersih dengan besaran  3% - 4% dari omzet. Dengan perkiraan tersebut mitra bisa mencapai balik modal pada tahun ke-5.

Soal target, Eric mengatakan pihak pusat menargetkan 10 gerai Superindo Express bisa berdiri tahun ini. "Kalau bisa 10 gerai, tapi kami memang fokus membidik di daerah. Kalau bisa di luar Jakarta," ucapnya.

Ketua Umum Perhimpunan Waralaba dan Lisensi Indonesia (Wali), Levita supit menilai bisnis minimarket masih berkembang. Melihat pola konsumsi masyarakat yang cenderung memilih pergi ke minimarket terdekat untuk berbelanja, bisnis ini masih punya peluang, pasarnya masih luas.

"Masyarakat sekarang senang yang praktis dan dekat. Bisnis minimarket ini menjanjikan asal lokasi usahanya tepat. Lokasi usaha yang tepat,  dekat dengan penduduk dan keramaian, misal di area perumahan, dekat kampus dan perkantoran," jelas Levita.

Selain lokasi usaha yang tepat, bisnis minimarket sangat bergantung pada pasokan produk. Pasokan produk harus berjalan lancar agar bisnisnya juga ikut lancar. Terutama produk yang menjadi incaran kebutuhan masyarakat harus dipastikan selalu tersedia.

"Jangan sampai ada konsumen mencari produk A, tapi stoknya sering kosong. Lama-lama konsumen akan pindah ke toko sebelah kalau begitu," ungkap Levita. Ia kembali mengingatkan para calon mitra untuk selalu cermat dan teliti dalam membaca dan memahami perjanjian kerjasama.                  

PT Lion Super Indo
Menara Bidakara 2 lantai 19, Jl Gatot Subroto Kav 71-73 Jakarta
Telp: 08558850717


Reporter: Elisabeth Adventa
Editor: Johana K.

0

TERBARU
KONTAN TV
Hubungi Kami
Redaksi : Gedung KONTAN,
Jalan Kebayoran Lama No. 1119 Jakarta 12210.
021 5357636/5328134
moderator[at]kontan.co.id
Epaper[at]kontan.co.id
Iklan : Gedung KOMPAS GRAMEDIA Unit 2
Lt 2 Jl. Palmerah selatan 22-28
Jakarta Selatan 10740.
021 53679909/5483008 ext 7304,7306
2018 © Kontan.co.id All rights reserved
Sitemap | Profile | Term of Use | Pedoman Pemberitaan Media Siber | Privacy Policy

diagnostic_api_kiri = 0.0017 || diagnostic_api_kanan = 0.0566 || diagnostic_web = 0.2927

×