kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45928,42   6,96   0.76%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jatuh bangun mencoba berbagai bidang usaha


Kamis, 11 September 2014 / 15:11 WIB
Jatuh bangun mencoba berbagai bidang usaha
ILUSTRASI. Manfaat kacang panjang untuk kesehatan tubuh.


Reporter: Cindy Silviana Sukma | Editor: Rizki Caturini

Berkecimpung di dunia usaha pemasaran lewat intenet bagi Darren Suciono adalah sebuah peluang yang tak terduga. Pria lulusan S1 Teknik Industri dari President University ini sukses meraup untung melalui jasa search engine optimalization (SEO) atau mengoptimalisasi situs jejaring di mesin pencari.

Sejak duduk di bangku sekolah Menengah Atas (SMA) hingga kuliah, Darren memang sudah berniat menjadi pengusaha. Berbagai macam pekerjaan ia lakoni, mulai dari menjalani bisnis multi level marketing (MLM) hingga menjadi penjual beragam jenis produk atau direct selling.

Hasil jerih payah yang ia kumpulkan saat itu gunakan untuk coba-coba melakukan transaksi jual beli (trading) saham di bursa saham. Akan tetapi, krisis finansial global yang melanda pasar saham di tahun 2008 dan 2009 turut membuat pasar modal Indonesia anjlok. Darren pun mengalami kerugian kala itu.

Namun, dia tak pupus semangat. Darren berusaha mencari cara mengembalikan uang yang selama ini dikumpulkannya  bertahun-tahun. Berbagai usaha dia jalani mulai dari agen waralaba, rental alat berat, hingga berjualan aspal Pertamina.

Pada akhir 2009, Darren berkesempatan untuk mengikuti kelas pelatihan (workshop) mengenai Internet Marketing dengan mengoptimalkan mesin pencari alias search engine optimalization. Pikirannya pun terbuka sejak saat itu. Ia merasa pemasaran melalui internet tanpa harus bertatap muka secara langsung, ternyata dapat membantu untuk meningkatkan omzet penjualan.

Awal mula menerapkan ilmu SEO ini dia aplikasikan dalam pemasaran rental alat berat dan aspal milik paman dan saudaranya. Ternyata, usahanya berhasil meningkatkan popularitas situs jualan tersebut. Dia lantas semakin percaya diri dengan kemampuannya.

Pria ini pun mulai merintis usahanya pada 2011. Klien pertama adalah temannya sendiri yang juga merupakan distributor sepeda motor Honda di Cengkareng. Sebelum menggunakan jasa SEO, trafik pengunjung situs hondacengkareng.com itu hanya puluhan pengunjung per hari.

Kini dalam dua tahun, situs ini sudah memiliki ratusan ribu pengunjung per bulan. Bahkan, penjualan sepeda motor Honda di diler tersebut ikut meningkat. "Dari pengalaman tersebut, timbul suatu ide dan kepercayaan diri untuk mengembangkan usaha jasa SEO," ucapnya.

Dia membangun usaha melalui situs www.advertise.co.id dan mampu menjaring kepercayaan dari banyak klien lainnya. Sebut saja arjunaelektronik.com, distributor oli, perusahaan outsourching toko perlengkapan bayi, hingga beberapa usaha grosir dan ritel lainnya.

Konsep usahanya sebenarnya sederhana, yaitu membantu bisnis klien agar mudah ditemukan calon pembeli yang potensial. Tidak hanya jasa pemasaran dengan internet, ia juga membantu memberikan konsultasi bagi klien untuk mengembangkan bisnis usahanya di dunia maya.            n

(Bersambung)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet

[X]
×