PELUANG USAHA
Berita
Jelang Lebaran, permintaan rainbow cake melonjak

PELUANG BISNIS RAINBOW CAKE

Jelang Lebaran, permintaan rainbow cake melonjak


Telah dibaca sebanyak 3382 kali
Jelang Lebaran, permintaan rainbow cake melonjak

Kue pelangi atau biasa disebut rainbow cake kini tengah menjadi tren. Banyak toko kue yang menjual kue ini. Apalagi mau Lebaran seperti sekarang, rainbow cake termasuk yang paling diminati dan dicari banyak orang.

Selain buatan perusahaan kue papan atas, rainbow cake buatan industri rumahan juga banyak beredar di pasar. Salah satu produsen rainbow cake adalah Siti Maryuni, pemilik Dapur Sativa di Bogor, Jawa Barat.

Ia mengaku memproduksi rainbow cake sejak Mei 2012. Sejatinya, Siti adalah produsen kue-kue kering untuk berbagai acara. Namun, karena tertarik dengan rainbow cake, ia pun memutuskan untuk ikut memproduksi kue ini.

Ketertarikannya pada kue ini karena tampilannya menarik, serta rasanya yang lezat. Keputusannya untuk memproduksi kue ini sudah tepat. Seiring trennya yang sedang naik daun, permintaan rainbow cake pun terus meningkat di pasaran.

Tak terkecuali selama bulan Ramadan ini. Jika sebelum Ramadan, ia hanya menjual dua hingga tiga loyang rainbow cake per hari, selama Ramadan ini rata-rata terjual empat hingga enam loyang kue saban harinya. "Peningkatannya bisa mencapai dua kali lipat," ujarnya.

Bila hari biasa omzetnya hanya Rp 400.000 per hari, menjelang Lebaran ini omzetnya mencapai Rp 800.000-Rp 1 juta per hari. Adapun harga jual kue pelangi buatan Maryuni mulai Rp 175.000 untuk kue ukuran kecil dan Rp 675.000 untuk kue ukuran besar.

Guna mengantisipasi permintaan, Siti terus memproduksi rainbow cake hingga sehari sebelum Lebaran nanti.

Pemain lainnya adalah Yoke Dwipayanti, pemilik Rafael Cake di Jakarta. Yoke mulai membuat rainbow cake sejak Maret 2012. Sama halnya dengan Siti, ia juga merasakan adanya kenaikan permintaan rainbow cake menjelang Labaran. Namun karena kesibukan membuat kue kering, ia membatasi produksi rainbow cake-nya.

"Sejak 13 Agustus kemarin kami menghentikan sementara pesanan dan akan buka lagi untuk order setelah Lebaran," tutur Yoke.

Yoke membanderol rainbow cake-nya mulai Rp 400.000 hingga Rp 750.000. Harga sudah termasuk ongkos kirim ke seluruh wilayah di Jakarta. Ia mengaku, sebelum menutup pemesanan telah mendistribusikan 10 rainbow cake ke pelanggannya.

Editor: Tri Adi
Telah dibaca sebanyak 3382 kali



Syarat & Ketentuan Komentar :
  1. Tidak memuat isi bohong, fitnah, sadis dan cabul.
  2. Tidak memuat isi yang mengandung prasangka dan kebencian terkait dengan suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA), serta menganjurkan tindakan kekerasan.
  3. Tidak memuat isi diskriminatif atas dasar perbedaan jenis kelamin dan bahasa, serta tidak merendahkan martabat orang lemah, miskin, sakit, cacat jiwa, atau cacat jasmani.
  4. KONTAN memiliki kewenangan mutlak untuk mengedit atau menghapus komentar yang bertentangan dengan ketentuan ini.

LIPSUS

LIPSUS Update

  • Simak sektor mana saja yang prospektif!

    +

    Sejak awal tahun hingga 22 September 2014, saham-saham sektor perbankan memberikan return terbesar.

    Baca lebih detail..

  • Meramal gerak IHSG setelah rekor

    +

    Analis berbeda pendapat soal prospek kinerja IHSG ke depannya.

    Baca lebih detail..