: WIB    —   
indikator  I  

Kadin dorong pengembangan inkref bidang seni rupa

Kadin dorong pengembangan inkref bidang seni rupa

JAKARTA. Industri kreatif di Indonesia memiliki peluang untuk menjadi salah satu pilar kekuatan ekonomi. Ini bisa terwujud apabila pelaku usaha di bidang tersebut diberi kesempatan dan peluang untuk mengembangkan produknya.

Salah satu kunci pengembangan industri kreatif adalah melalui perluasan peluang dan kesempatan pelaku industri tersebut.

Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Bidang UMKM dan Ekonomi Kreatif, Erik Hidayat mengatakan, saat ini Kadin mendorong industri kreatif agar bisa lebih berkembang dan perlu mendapat perhatian lebih serius.

Seiring dengan bergaungnya sektor ekonomi kreatif di Indonesia, sektor seni rupa Indonesia pun memiliki potensi besar baik secara kualitas, kuantitas, pelaku kreatif, produktivitas hingga potensi pasarnya.

"Seni rupa Indonesia sebenarnya memiliki jaringan yang lebih baik di luar negeri," katanya dalam siaran pers, Selasa, (7/2).

Erik mengatakan banyak potensi seni rupa Indonesia yang belum ditampilkan secara maksimal sehingga belum banyak dikenal di negeri sendiri. Padahal bila dimaksimalkan ragam karya, seni rupa khususnya seni lukis selain dapat menjadi sumber devisa kebudayaan yang bernilai tinggi juga dapat mengangkat nama Indonesia ke mata dunia. Karena bidang ini memiliki standar penilaian internasional dan menjadi ukuran kemajuan peradaban budaya sebuah bangsa.

Menurut dia, langkah ini sejalan dengan arahan cetak biru Ekonomi Kreatif Indonesia yang memandang pentingnya kerja sama di antara cendekiawan, bisnis dan pemerintah dalam upaya memajukan sektor ekonomi kreatif Indonesia.

Dalam rangka mendorong pengembangan ekonomi kreatif untuk sektor seni rupa, Kadin Indonesia menggelar Pameran Lukisan Karya Sidik W. Martowidjojo dengan tema "ILLUMINATE" (pencerahan) yang dilaksanakan 2-20 Maret 2017 di di Museum Nasional, Jakarta.

(Panca Hari)


SUMBER : Antara

INDUSTRI KREATIF

Feedback   ↑ x
Close [X]