: WIB    —   
indikator  I  

Ke Malang, jangan lupa mencicipi bakso & ketan (1)

Ke Malang, jangan lupa mencicipi bakso & ketan (1)

JAKARTA. Tidak hanya kaya destinasi menarik untuk liburan, Malang juga sebagai gudang kuliner. Sejumlah kuliner berkembang di sana. Baik untuk oleh-oleh, atau memang menjadi sajian khas untuk para pelancong.

KONTAN pun menyambangi Bakso President.  "Kalau ke Malang harus coba Bakso President," ujar seorang warga Malang yang ditemui KONTAN.

Berdiri sejak 1977, Bakso President banyak menjadi pilihan turis lokal. Warung bakso yang awalnya didirikan oleh Sugito ini kini sudah dikelola oleh sang anak, Rohman. Nama President melekat lantaran saat Sugito membangun warung bakso pada 1982, tepat di belakang Bioskop President.

Bakso President menyajikan beberapa menu seperti paket campur hemat berisi bakso kecil dan bakso urat, juga siomai kering dan bakso. Ada juga campur spesial berisi bakso besar, bakso kecil, jerohan dan ati ampela, serta beberapa tambahan seperti lontong, tahu dan mi. Banderol harganya hingga

Rp 31.000 per mangkok.

Setiap hari, puluhan orang datang untuk mencicipi Bakso President. Sayang, pemilik pun tidak menyebutkan omzet yang diperoleh setiap bulan. Hanya saja, pengunjung yang datang memang akan selalu berlipat saat akhir pekan (weekend) maupun saat hari libur nasional.

Selain Bakso President, Pos Ketan Legenda juga menjadi rujukan bagi pelancong yang datang ke Batu, Malang. Ketika berkunjung ke Pos Ketan Legenda, tampak keramaian pengunjungnya. Usaha yang sudah berdiri sejak tahun 1967 ini berada di Jalan KH Agus Salim, Junrejo, dekat alun-alun kota batu.

Warung ketan yang dirintis Siami ini awalnya adalah warung kopi yang sering disebut pos ketan. "Idenya membangun warung yang menyediakan olahan makanan ringan sambil berjualan kopi," kata Siami.

Pos Ketan Legenda menyediakan kurang lebih 16 menu ketan, seperti ketan susu pisang, ketan bubuk, ketan gula merah, ketan black & white, ketan susu keju, ketan susu nangka, ketan susu durian, ketan susu keju meses, ketan selai stroberi, ketan susu kacang, ketan ayam pedas dan lainnya. Tak hanya menu ketan yang diminati, ada juga aneka minuman seperti susu segar, es teh dan kopi.

Harga menu ketan beragam mulai Rp 4.000 sampai dengan  Rp 15.000 per piring. Sementara minuman mulai Rp 4.000 hingga Rp 9.000.

Setiap hari, puluhan pengunjung pun datang ke Pos Ketan Legenda ini. Sebagian besar adalah anak-anak muda yang berasal dari Jakarta, Surabaya dan Malang.

Menikmati Kota Batu yang berhawa dingin memang pas dengan kudapan ringan.  Buktinya, gerai tidak pernah sepi pengunjung. "Sebelumnya iseng lihat di internet makanan favorit di Malang. dan Pos Ketan Legenda masuk list favorit, jadi saya ingin coba juga. Rasanya gurih dan harganya cukup murah," ucap Tria Pramita, salah satu pengunjungnya.

(Bersambung)


Reporter Jane Aprilyani
Editor Havid Vebri

USAHA IKM

Feedback   ↑ x