kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kemitraan tahu goreng aneka rasa


Rabu, 10 April 2013 / 14:34 WIB
ILUSTRASI. Cara Membuat Lulur Kuning Pandan Wangi, Perawatan Tubuh Khas Jawa


Reporter: Noor Muhammad Falih | Editor: Havid Vebri

JAKARTA. Camilan tahu goreng sudah populer di kalangan masyarakat kita. Supaya punya ciri khas dan cita rasa khusus, Herman Susilo di Surabaya berkreasi dengan menambah beragam rasa pada tahu goreng buatannya.

Maka, lahirlah camilan yang dinamai Kuch2 HoTahu. Herman memilih nama itu supaya menarik dan gampang diingat. Meski usaha ini baru dirintis tahun 2011, ia berani langsung menawarkan kemitraan.

Ia mengklaim sudah memiliki ratusan gerai Kuch2 HoTahu,  di seluruh Indonesia. "Ada 20 gerai milik pusat yang berlokasi di Kudus. Sisanya, milik mitra," ujar Diah Sri Mulyani, pegawai Kuch2 HoTahu.

Pembuatan tahu goreng Kuch2 HoTahu hampir sama dengan tahu goreng biasa. Hanya, setelah digoreng, tahu ditaburi atau dibalur dengan bumbu kering racikan Herman. Ada 20 pilihan rasa, seperti keju, pedas, pizza, sapi panggang, balado, jagung dan ekstra hot.

Setiap bungkus berisi 15 potong tahu, dan dibanderol berkisar Rp 3.000-Rp 3.500 per bungkus. Tertarik menjajal usaha ini? Siapkan investasi Rp 8,5 juta jika Anda berada di Pulau Jawa. Namun, jika di Luar Pulau Jawa, investasinya lebih mahal, yaitu Rp 9,5 juta.

Mitra akan mendapat satu gerai berukuran 60x130x170 cm, satu set perlengkapan masak, seragam karyawan, training karyawan lewat VCD, dan manual standard operating procedure usaha ini.

Mitra hanya diwajibkan membeli bumbu dari pusat. "Harga jual produk tergantung lokasi daerah," jelas Diah. Dengan asumsi tiap hari menjual 60 bungkus, mitra bisa meraup omzet Rp 5,4 juta per bulan.

Setelah dikurangi biaya produksi, sewa tempat dan gaji karyawan, keuntungan bersih mitra mencapai Rp 1,7 juta sebulan. Maka, mitra bisa balik modal dalam 5 bulan.

Kini, Kuch2 HoTahu juga memiliki lebih dari 10 mitra master kemitraan yang menguasai tiap provinsi. Hingga akhir tahun ini, Herman berharap melawat mitra master, jumlah total mitra bisa bertambah menjadi 500 mitra.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×