kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,34   -28,38   -2.95%
  • EMAS1.321.000 0,46%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kreatif memoles penampilan cupcake


Senin, 03 Agustus 2015 / 14:37 WIB
Kreatif memoles penampilan cupcake


Reporter: Izzatul Mazidah, Rani Nossar, Silvana Maya Pratiwi | Editor: Tri Adi

Belakangan ini cupcake karakter kartun semakin banyak peminatnya. Bentuknya yang lucu dan unik, dipadu dengan aneka rasa pilihan yang sangat beragam membuat cupcake ini kian digemari. Dibutuhkan keterampilan khusus membuat cupcake karakter kartun.

Cupcake atau kue di dalam mangkuk kini makin banyak penggemarnya. Kondisi ini mendorong bermunculannya pengusaha cupcake. Di tengah ketatnya persaingan, pemain cupcake gencar melakukan inovasi dengan meluncurkan produk baru.

Selain inovasi rasa, mereka juga kreatif membuat cupcake dengan bentuk-bentuk yang lucu dan unik. Nah, salah satu bentuk cupcake yang sedang tren adalah cupcake dengan hiasan karakter animasi, baik berbentuk 2 dimensi (2D) maupun 3D. Karakter-karakter seperti Angry Birds, Shaun the Sheep, Princess, Hello Kitty, Cars, Thomas, bahkan Cut the Rope, sudah biasa dipesan.

Nursita Racharlina, pemilik Blasta Cake di Jakarta bilang, proses pembuatan cupcake karakter kartun perlu waktu agak lama. "Terutama pembuatan karakter dengan bentuk 3D," katanya.

Sita sendiri mengaku, banyak belajar sebelum sukses membuat cupcake karakter kartun. Awalnya ia banyak melakukan percobaan dan tetap gagal. Setelah beberapa kali gagal, akhirnya ia mengikuti kursus singkat membuat dekorasi cupcake di Natural Cooking Club (NCC).

Sejak itu, Sita terus mencoba di rumah sambil mencatat kesalahan-kesalahan yang dibuat. "Saya juga  mencari ilmu melalui internet dan Youtube," ujarnya.

Untuk pertama kalinya, ia sukses membuat cupcake karakter kartun saat ulang tahun anaknya pada November 2011. Saat itu, banyak teman dan tetangga yang hadir di acara ultah anaknya memuji cupcake bikinannya. "Mereka juga mulai pesan cupcake hias," ujarnya.


Melibatkan konsumen
Sita selalu melibatkan konsumennya dalam setiap pembuatan cupcake karakter kartun. "Minimal saya akan mengajak mereka diskusi tentang temanya apa, untuk acara apa, tema warna, mau ada ucapan, dan lain-lain," jelasnya.

Kadang ada juga customer yang sudah detail merinci pesanan cupcake-nya. Setelah mendapat gambaran dari konsumen, ia pun mulai membuat hiasan yang bisa dibikin terlebih dulu.

Biasanya untuk figur 3D dibuat terlebih dulu karena harus dibiarkan lama agar lebih kaku. Pembuatan karakter 3D ini biasanya dilakukan sehari sebelum pesanan diantar. "Proses ini bisa memakan waktu berjam-jam, tergantung detail hiasannya," ucapnya.

Selain membuat karakter yang berdiri sendiri atau terpisah dari kue, kadang ada juga customer yang minta cupcake dengan lukisan karakter-karakter animasi.

Cupcake dengan lukisan karakter bisa dilukis setelah kue matang atau saat masih adonan mentah. Saat dilukis masih adonan mentah harus paham betul bagaimana cara menghasilkan bolu yang halus di permukaan.

Berbagai macam karakter bisa dibuat, mulai potongan buah semangka, stroberi, dan tokoh-tokoh animasi. Untuk mendapatkan hasil maksimal perlu mengaplikasikan teknik lukis dengan benar.

Cupcake dengan karakter kartun ini banyak dipesan buat acara ulang tahun anak. Sita menawarkan cupcake karakter dalam beberapa paket, mulai harga Rp 290.000 sampai di atas Rp 1 juta, tergantung jumlah, ukuran, dan tingkat kerumitan.  

Selain cupcake, ia juga menawarkan dessert table untuk acara pernikahan, tunangan atau acara kantor mulai Rp 2 juta. Sita mengaku, omzet dari cupcake saja  bisa Rp 15 juta per bulan.

Pemain lainnya adalah Fadhilah yang mengusung brand Krucils Cake di Bogor. Ia mulai memasarkan cupcake-nya lewat blog dan Facebook sejak Oktober 2012. Fadhilah mulai menghias cupcake tahun 2011. "Awalnya saya ikut perlombaan menghias cupcake dan dapat juara kedua," katanya.

Sebagai juara kedua, ia mendapaat hadiah buku menghias kue dengan fondant karya Ani Lizzarni. Mulanya ia hanya suka melihat gambar dan karakter yang dibuat di buku tersebut. Lambat laun ia pun mulai tertarik untuk mempraktikannya. "Selanjutnya saya menyediakan bahan yang dibutuhkan dan mencari buku lain tentang bagaimana menghias cake dan cupcake karakter," ujarnya.

Menurut Fadhilah, seorang penghias cupcake harus kreatif memenuhi keinginan pelanggan. Demi memuaskan pelanggan, ia terus belajar membuat berbagai karakter yang diinginkan.

Biasanya untuk desain karakter cupcake kebanyakan ditentukan pelanggan. Untuk pelanggan anak-anak, biasanya menginginkan karakter kartun atau tokoh yang sedang populer seperti Hello Kitty, Frozen, Cars dan Minions. Sedangkan pelanggan dewasa banyak menyukai tema sesuai aktivitasnya sehari-hari.

Saat ini, Krucils Cake Bogor hanya menerima pesanan online melalui website krucilscakebogor.com. Dalam sebulan ia bisa menerima 20-40 pesanan. Untuk cupcake karakter per empat buah dibanderol Rp 80.000. Sementara itu, cake karakter ukuran 20 cm dihargai Rp 275.000. Omzet yang didapat selama sebulan sekitar Rp 3 juta-Rp 4 juta.   

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×