kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Laba bergulir dari usaha gerai moci


Kamis, 26 Februari 2015 / 14:43 WIB
Laba bergulir dari usaha gerai moci
ILUSTRASI. Mengapa Mechamaru Bersekutu dengan Geto dan Mahito di Jujutsu Kaisen Season 2?


Reporter: Yuthi Fatimah | Editor: Rizki Caturini

Kue moci khas dari Jepang kini sudah banyak diproduksi oleh produsen lokal. Makanan tradisional khas jepang ini terbuat dari tepung ketan dan biasanya diisi dengan adonan kacang merah. Di Indonesia, camilan manis yang kenyal ini banyak di produksi dan dijual di Sukabumi, Jawa Barat dengan ukuran sebesar kelereng

Seiring dengan berkembangnya waktu, moci banyak dijual di Indonesia dengan berbagai macam ukuran serta varian rasa. Tidak lagi kerap dijual di pinggir jalan, kue moci kini banyak dijajakan di gerai dalam mal dengan konsep outlet kecil hingga kafe.  

Salah satu pengusaha yang menawarkan bisnis moci adalah Rafli Egy Wijaya, asal Malang, Jawa Timur. Dengan mengusung merek Mochi Maco, pria yang kerap disapa Rafli ini membuat kreasi moci aneka rasa do pertengahan tahun 2014. Dia menjalankan usaha dengan konsep kafe sejak pertengahan tahun 2014 di Malang.

Agar usahanya cepat berkembang, Rafli mencoba menawarkan kemitraan usaha sejak awal tahun 2015. Saat ini sudah ada satu mira yang bergabung yang juga berlokasi di sekitar Malang.

Jika Anda tertarik, Rafli menawarkan paket investasi sebesar Rp 200 juta. Calon mitra akan mendapatkan perlengkapan mebel dan interior, renovasi tempat usaha, peralatan memasak, pelatihan pegawai, dan bahan baku awal untuk seminggu.

Investasi sebesar itu juga sudah termasuk lokasi di Malang dengan harga sewa Rp 55 juta per tahun. "Namun, akan ada penyesuaian harga dengan kondisi lokasi di daerah calon mitra," ujar Rafli.

Kerjasama lima tahun

Masa kerjasama usaha berlaku selama lima tahun. Setelah lima tahun berjalan, mitra akan dikenakan biaya sebesar Rp 50 juta untuk biaya renovasi tempat dan interior. Pusat tidak mengutip biaya royalti kepada mitra, namun mitra tetap harus membeli bahan baku dari pusat. Rafli akan mencarikan tempat usaha bagi mitra, difokuskan di sekitar kampus dan tempat kongko anak muda.

Mochi Maco menawarkan sekitar 16 aneka menu mochi es krim dengan menu unggulannya yaitu cokelat, vanila, stroberi, moka, oreo, green tea, durian, dan nutella. Gerai ini juga menjual menu lain seperti, yakni sosis bakar, bakso bakar, dan cilok bakar, ayam barbeque dan masih banyak lagi.

Harga jual mulai produk ini mulai Rp 4.000−Rp 20.000 per porsi. Selain menu moci es krim, Mochi Maco juga menjual dessert berbagai topping dengan adonan pancake.

Rafli mengatakan, target mitra adalah bisa meraup omzet hingga Rp 7 juta per hari. Adapun laba bersih sekitar 30%−35% dari omzet. Dengan perhitungan itu, Rafli menargetkan mitra akan balik modal sekitar satu tahun.

Menurut Khoerussalim Ikhsan, Konsultan Waralaba dari Entrepreneur College, tempat yang strategis dan yang sesuai target pasar menjadi salah satu kunci penting untuk keberhasilan usaha ini. Selain itu, kualitas produk seperti cita rasa pun harus tetap dijaga agar usaha bertahan lama.         

Mochi Maco
Jl. Galunggung no 83 Malang, Jawa Timur.
HP: 081703946711

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×