: WIB    —   
indikator  I  

Laba jasa penulisan kata kunci di mesin pencari

Laba jasa penulisan kata kunci di mesin pencari

Belakangan ini, bisnis online semakin marak di Indonesia. Agar produk dan bendera usahanya mudah dikenal pelanggan di situs online, pelaku usaha memanfaatkan jasa penulisan Search Engine Optimization (SEO). Wajar, sjika para penyedia jasa penulisan SEO ikut ketiban berkah. Dalam sebulan, omzet bisnis penulisan SEO bisa mencapai Rp 15 juta.

Di zaman serba teknologi canggih seperti sekarang, menjalankan bisnis rasanya tak lengkap tanpa memiliki akun website untuk memasarkan produk secara online. Melalui media online, kita mudah memasarkan produk ke seluruh penjuru tanah air.

Hanya saja, agar produk dan merek usaha cepat dikenal konsumen, website harus mudah diakses. Untuk itu, penulisan Search Engine Optimization (SEO) menjadi juru kunci penempatan website usaha dalam daftar teratas mesin pencarian semacam Google, Yahoo Search, Bing, dan lainnya.

SEO adalah sebuah perangkat sistem internet yang akan memaksimalkan kata kunci atau keyword yang mengandung nama produk, merek produk dan nama bendera usaha.

Nah, salah satu pelaku usaha yang menyediakan jasa penulisan SEO adalah Anggi Krisna Pranindita dengan bendera usaha Kontenesia. Usaha ini dirintis Anggi sejak Mei 2015. Pada awal merintis usaha, Anggi baru memiliki 10 penulis SEO di Kontensia.

Kini, Kontenesia telah memiliki 40 penulis untuk mengerjakan semua pesanan pelanggan. Kebutuhan penulisan SEO pada creative conten yang makin meningkat tajam, menjadi alasan Anggi merintis Kontenesia.

Anggi bilang, penerimaan masyarakat dari jasa ini sangat tinggi. Awalnya, Kontenesia hanya menerima jasa penulisan artikel untuk para blogger. Sejalannya waktu, banyak permintaan pelanggan agar Kontenesia bisa mengerjaan SEO untuk bisnis star up dan agensi.

Anggi bilang, pada awal berdiri, Kontenesia baru mampu menerima pengerjaan 50 artikel SEO per bulan. Kini, Kontensia telah menerima rata-rata 150 artikel per minggu. Dalam waktu dekat, Kontenesia akan merilis jasa penulisan SEO info grafis.

Proses pengerjaan penulisan SEO untuk 5 maupun 50 artikel memakan waktu yang sama, yakni 7-10 hari. “Yang kita push itu penulisnya agar bergerak cepat. Namun, tetap mengedepankan kuailtas tulisan,” ungkap Anggi.

Anggi mematok tarif jasa SEO di Kontensia terbagi dalam beberapa model layanan. Contohnya, model Samurai dibandrol Rp 17.500 per 300 kata, Ninja Rp 25.000 per 300 kata dan Boxer Rp 25.000 per 300 kata. Dari pesanan sebanyak itu, Anggi mengaku bisa meraup omzet sekitar Rp 15 juta per bulan.

Penyedia jasa penulisan SEO lainnya adalah Muhammad Rijal AR. Sutadiredja dengan bendera usaha Idea Artikel. Usaha ini Idea Artikel didirikan sejak tahun 2013.

Aria Gradhadipura, Editor in Chief dari Idea Artikel bilang, sejak awal berdiri, Idea Artikel hanya melayani jasa penulisan SEO berbahasa Indonesia. "Saat ini bisnis SEO tidak seramai dua tahun lalu, karena sudah banyak penyedia jasa ini dengan harga kompetitif,” ujarnya.

Dalam enam bulan terakhir, kata Aria, Idea Artikel hanya mengerjakan 50-100 artikel per bulan. Tarifnya dibandrol Rp 7.000 per 200 kata-Rp 15.000 per 500 kata sampai 600 kata. Dengan pesanan sebanyak itu, Aria mengaku omzet Idea Artikel hanya Rp 2 juta per bulan.      


Reporter Merlina M. Barbara
Editor Tri Adi

TREN BISNIS PENULISAN SEO

Feedback   ↑ x
Close [X]