kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Laba mengalir dari klinik kecantikan


Rabu, 03 September 2014 / 12:47 WIB
Laba mengalir dari klinik kecantikan
ILUSTRASI. Poster Nyepi 2023 untuk Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1945.


Reporter: Rani Nossar | Editor: Rizki Caturini

Selama kaum hawa masih memperhatikan penampilan dan kebersihan tubuh, bisnis kecantikan masih akan prospektif. Itu sebabnya masih saja bermunculan brand baru meski saat ini salon dan klinik kecantikan sudah menjamur dimana-mana. Salah satunya adalah The Emdee Skin Clinic milik Johannes Wibisono.

Klinik kecantikan ini beroperasi di Surabaya pada April 2013 di bawah bendera PT Maju Dinamika Indovestama. Agar gerainya cepat berkembang, Johannes memutuskan menawarkan kemitraan usaha pada awal tahun ini.

Kini Emdee telah memiliki lima gerai yang tersebar di Surabaya, Sidoarjo, dan Batam. Dalam waktu dekat akan ada gerai baru beroperasi di Denpasar dan Jakarta. Dari lima gerai yang beroperasi, tiga merupakan milik pusat dan sisanya milik mitra.

Layanan perawatan di klinik ini mencakup facial, chemical peeling, injeksi botok kosmetik, injeksi dermal filler, dan lain-lain. Emdee juga menjual produk kecantikan seperti sabun muka, toner, obat jerawat, pelembab, sunblock, sampai krim malam.

Jika Anda tertarik, Johannes menawarkan dua paket investasi, yaitu paket care senilai Rp 500 juta dan paket premiere senilai Rp 950 juta. Untuk paket care, mitra mendapatkan delapan jenis peralatan estetika dengan 25 teknik perawatan, persediaan produk kecantikan, peralatan pemasaran dan pelatihan satu perawat dan satu resepsionis.

Pada paket premiere, mitra mendapat 18 jenis peralatan estetika dengan 50 teknik perawatan, persediaan produk kecantikan, peralatan pemasaran dan pelatihan dua perawat dan dua resepsionis.

Cermati kinerja pusat

Kerjasama selama lima tahun. Setelah kontrak habis, jika ingin melanjutkan kerjasama, mitra membayar franchise fee Rp 200 juta untuk paket care dan Rp 300 juta untuk paket premiere.

Biaya perawatan di klinik ini mulai dari Rp 100.000 hingga Rp 1 juta. Dalam sehari, Johannes menargetkan 10 pasien hingga 20 pasien yang datang. Estimasi omzet yang bisa didapat mitra mencapai Rp 200 juta per bulan.

Johannes bilang, balik modal paling cepat dalam setahun. "Bahan baku yang wajib diambil dari pusat adalah produk-produk kecantikan, seperti krim dan obat-obatan," kata dia.

Soal lokasi usaha, minimal ruko dua lantai yang bisa menampung lima tempat tidur. Johannes mengklaim kelebihan Emdee adalah obat-obatan yang digunakan dijamin aman. Selain itu Emdee memiliki perawatan Power MD 27 yang diadaptasi dari perawatan wajah ala Korea.

Khoerussalim Ikhsan, konsultan waralaba bilang, dengan brand yang masih belum dikenal, patokan estimasi omzet hingga Rp 200 juta per bulan itu terlalu optimistis. Sebelum bergabung sebaiknya mitra mencermati laporan keuangan pemilik usaha dalam setahun terakhir.                   n

Emdee Skin Clinic   
Ruko Manyar Garden
Jl. Nginden Semolo 101–
Kav 01, Surabaya,  
HP: 08123000848

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×