kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Laba menggelembung dari bisnis balon foil dekorasi


Rabu, 28 Januari 2015 / 14:53 WIB
Laba menggelembung dari bisnis balon foil dekorasi
ILUSTRASI. Salah Satunya Kopi, Ini 7 Makanan Sumber Vitamin Otak untuk Jaga Fungsi Kognitif.


Reporter: Izzatul Mazidah | Editor: Havid Vebri

Dekorasi dan pernak-pernik pesta makin beragam. Selain balon warna-warni dari bahan karet yang sudah sering kita jumpai di berbagai acara perayaan, belakangan balon foil lebih menyita perhatian karena bentuknya yang unik. Selain memiliki beragam bentuk seperti bentuk hati, bulat dan lain-lain, balon foil ini juga bisa berbentuk huruf-huruf.

Sehingga ketika dirangkai, balon ini bisa menjadi kalimat yang sedap dipandang sebagai dekorasi pesta. Para penjual balon foil mengaku permintaan terus meningkat. Salah satunya adalah Agnes Jonarta, pemilik toko online ggpartystore.com. Dia menjual balon foil sejak tahun 2013 silam.

Saat itu, penjual balon foil ini belum banyak. Pasokan barang diimpor dari China dan Amerika Serikat, juga dari produk lokal. Semenjak tahun 2014, penjualan lumayan meningkat. Dalam sebulan Agnes mendatangkan hingga 5.000 unit balon untuk persediaan di toko online-nya.

Karakter balon foil yang banyak disukai pelanggan adalah yang berbentuk huruf, angka, hati dan balon karakter. Harga jual balon foil ini dibandrol Rp. 15.000 per unit. Permitaan datang untuk pelengkap dekorasi acara pernikahan, ulang tahun, hari jadi pernikahan, hingga untuk hadiah kelahiran bayi.

Agnes banyak mendapat pesanan dari Jabodetabek, Surabaya, Banjarmasin, Surabaya, Manado, hingga Papua. Agnes mengaku bisa mengirim 300 pesanan ke berbagai daerah di Indonesia dengan omzet bisa mencapai Rp 50 juta per bulan. Sebab banyak juga pemesanan dalam partai besar untuk keperluan dekorasi pesta pernikahan.  

Penjual balon foil lainnya adalah Noni Cahyawati, pemilik toko online alfabalon.blogspot.com. Pengusaha asal Bekasi ini mulai berbisnis balon foil sejak tahun lalu. Noni bekerjasama dengan pemasok yang mendatangkan produk dari China untuk mendapatkan persediaan produk.

Biasannya Noni menerima pesanan balon foil dengan huruf tulisan happy birthday, happy anniversary, dan juga happy wedding dengan variasi balon berbentuk angka sebagai simbol hari jadi.

Noni bilang, kebanyakan pemesanan dari toko online-nya tersebut banyak dari daerah Jabodetabek saja dan dalam sebulan biasanya Noni mampu menjual balon foil hingga 500 buah dengan perolehan omzet Rp 7,5 juta per bulan.

Noni pun menjual balon foil angka dan huruf dengan warna emas, perak dan berbagai warna lainnya seharga Rp 10.000 hingga Rp 15.000 per unit. "Konsumen lebih banyak membeli warna emas karena terkesan lebih mewah untuk dekorasi acara," kata Noni.

Memasuki tahun 2015, permintaan balon foil masih tetap banyak. Agnes berpendapat prospek bisnis balon foil masih akan baik dalam dua tahun hingga tiga tahun ke depan.
Agar usahanya terus berkembang, Agnes dan Noni gencar memasarkan produknya lewat berbagai sosial media seperti Instagram, situs dan juga Facebook.     

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×