kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,51   7,16   0.77%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Laba nan cantik dari salon kecantikan


Jumat, 14 Oktober 2011 / 14:39 WIB
Laba nan cantik dari salon kecantikan


Reporter: Fahriyadi, Dea Chadiza Syafina | Editor: Tri Adi

Sudah menjadi kebutuhan bagi kaum perempuan untuk selalu merawat tubuh dan wajah agar selalu tampil prima. Nah, salah satu cara mudah untuk memenuhi penampilan itu adalah dengan datang ke salon kecantikan.

Tentu banyak ragam perawatan bisa didapat di salon. Mulai merawat rambut sampai kuku. Usaha salon kecantikan itu juga semakin lantaran cantik dan prima itu juga sudah menjadi gaya hidup.

Salah satu pemilik jasa salon yang ingin memperbanyak gerai adalah PT Schrammek Indonesia Sujadi, pemilik merek salon International Beauty and Spa asal Medan. Mulai September 2011 lalu, salon yang berdiri sejak 1986 itu menawarkan waralaba untuk menambah gerai.

Irene Tan, Manager Marketing dari Schrammek bilang, ada tiga paket waralaba salon International Beauty and Spa yang ditawarkan. Pertama, paket express senilai Rp 85 juta. Kedua, paket advance senilai Rp 160 juta. Ketiga, paket professional senilai Rp 310 juta. "Investasi termasuk franchise fee selama 2 tahun," kata Irene.

Perbedaan ketiga paket itu ada pada jumlah produk, jenis perawatan, dan jenis peralatan salon. Irene memberi contoh, paket advance dan professional mendapat alat perawatan wajah dan tubuh. "Paket express hanya dapat alat perawatan wajah saja," ungkap Irene. Itu berarti paket express tidak bisa melayani perawatan tubuh seperti yang ada pada paket advance dan professional.

Sementara itu, kelebihan paket professional dari paket advance terletak pada peralatan dan jumlah produk. "Peralatan untuk paket professional lebih lengkap, promo lebih banyak, dan produk kosmetik beragam," terang Irene.

Namun, untuk ketiga paket investasi itu, pewaralaba menyediakan training untuk karyawan. Pelatihan itu berupa pengetahuan tentang produk, penggunaan peralatan, dan juga kemampuan berbahasa asing. "Investor minimal punya dua karyawan untuk paket express," pungkasnya.

Selain itu, Iren juga memberikan jaminan penggunaan produk kosmetik berkualitas. Ia mengklaim, salon International Beauty and Spa menggunakan produk Dr Med Christine Schrammek, yang diimpor dari Jerman.

Untuk simulasi usaha, Irene menghitung investasi express bisa balik modal selama 2 tahun hingga 3 tahun. Untuk paket advance dan professional bisa balik modal antara 1 - 2 tahun. Untuk mencapai balik modal, terwaralaba paket express mesti mendulang omzet Rp 25 juta per bulan. Untuk advance beromzet Rp 40 juta, sedangkan paket professional mesti beromzet lebih dari Rp 50 juta.

Adapun jasa di International Beauty and Spa dibanderol mulai Rp 160.000 hingga Rp 3 juta. Untuk harga produk dijual mulai Rp 50.000 - Rp 500.000. "Produk unggulan kami adalah Green Peel, produk perawatan muka herbal," terang Irene.

Amir Karamoy, Ketua Dewan Pengarah Waralaba dan License Indonesia (WALI) bilang, salon International Beauty and Spa merupakan salon yang sudah lama dan memiliki banyak pengalaman. "Karena sudah lama beroperasi, tentu salon itu sudah memiliki kredibilitas di bisnis jasa salon," terang Amir.

Namun, Amir meminta investor untuk membandingkan layanan beberapa waralaba salon, terutama waralaba salon yang sudah populer. "Investor mesti menimbang-nimbang bersaing dengan waralaba salon populer," terang Amir.


International Beauty and Spa
Jl. Biduk Baru No. 8-14, Medan,
Telp 061-4552718

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×