kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45928,33   6,87   0.75%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Laba super sehat dari jualan biji-bijian sehat


Selasa, 21 Oktober 2014 / 14:42 WIB
Laba super sehat dari jualan biji-bijian sehat
ILUSTRASI. Twibbon Hari Lupus Sedunia 2023.


Reporter: Cindy Silviana Sukma | Editor: Havid Vebri

Tren gaya hidup sehat mendorong munculnya aneka makanan dan minuman sehat. Salah satu makanan sehat yang sekarang sedang digandrungi adalah biji-bijian.
Produk itu antara lain biji bunga matahari, kacang-kacangan, biji labu, gandum, flax seed, dan chia seed. Biji-bijian ini dipercaya mengandung khasiat bagi kesehatan tubuh.

Fifie Octavia, pemilik Toko Organic di Bandung mengatakan, tidak semua biji-bijian ini bisa tumbuh di Indonesia. "Hanya biji bunga matahari dan biji labu yang merupakan produk lokal," katanya kepada KONTAN.

Sementara, flax seed dan chia seed masih harus diimpor. "Untuk flax seed berasal dari Australia, sedangkan chia seed dari Meksiko," ungkapnya. Fifie baru mendirikan Toko Organic ini sekitar satu tahun yang lalu. Ia tertarik terjun ke bisnis ini karena melihat tingginya permintaan makanan sehat di Bandung.

Menurutnya, tren ini sudah muncul sejak dua tahun terakhir. "Munculnya komunitas seperti Indonesia Makan Sayur, dan tren minuman smoothies membuat biji-bijian ini semakin diminati," jelasnya.

Lantaran banyak biji-bijian yang masih harus diimpor, harganya tentu lebih mahal ketimbang biji lokal lainnya. Di Toko Organic, flax seed dengan kemasan ukuran 500 gram dibanderol seharga Rp 42.000. Sementara biji chia seed dihargai Rp 160.000 untuk ukuran 400 gram.

Adapun, biji bunga matahari hanya Rp 26.000 per 250 gram dan biji labu sebesar Rp 42.000 per 250 gram. Sementara, Emiliana Nursanti Wibisono, pemilik Organik Klub di Tebet membanderol harga chia seed mulai dari Rp 75.000 per 100 gram dan flax seed ukuran 250 gram seharga Rp 44.000. Sementara golden flax seed dihargai Rp 58.000 untuk ukuran 250 gram.

Menurut Fifie, biji chia seed dan flax seed merupakan produk favorit yang paling banyak dicari orang. Chia seed merupakan biji tanaman chia yang berwarna hitam dan putih kecil. Biji ini dapat menjadi sumber energi. Sedangkan flax seed merupakan biji dari bunga flax (Linium usitatissinum) yang tumbuh subur di daerah Amerika dan Kanada.

Bentuknya mirip biji wijen, tapi ada yang bewarna coklat tua dan keemasan. Dua jenis biji-bijian ini kaya asam lemak omega-3 dan mengandung serat yang bermanfaat bagi tubuh. Dalam sebulan, Fifie bisa menjual chia seed sekitar 300 bungkus, sedangkan flax seed sekitar 100 bungkus. 

Dengan penjualan sebanyak itu, dia mengaku bisa memperoleh pendapatan sekitar Rp 52,2 juta dalam sebulan. Pendapatan itu hanya dari penjualan biji chia seed dan flax seed. Bila ditambah omzet dari penjualan biji lainnya, omzetnya lebih dari itu.

Dari omzet bulanan itu, Fifie mengaku bisa mengantongi laba bersih sekitar 15% saban bulan. "Prospek menjual makanan sehat ini menarik, karena semakin banyak orang yang sadar untuk menjalani hidup sehat," tuturnya.           

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet

[X]
×