: WIB    --   
indikator  I  

Libur Lebaran, penitipan hewan kebanjiran titipan

Libur Lebaran, penitipan hewan kebanjiran titipan

JAKARTA. Eforia mudik Lebaran semakin dekat. Bagi pemilik hewan peliharaan tentu akan bingung antara membawa mudik atau meninggalkan hewan kesayangannya. Tentu tidak mudah membawa hewan peliharaan dalam perjalanan jauh.

Selain aturan ketat tentang menaikkan hewan ke moda transportasi, khususnya transportasi umum, terkadang juga hewan menjadi stres ketika berada di atas kendaraan. Kondisi ini akhirnya mendorong banyak orang memilih mencari tempat penitipan hewan.

Para pelaku usaha jasa penitipan hewan peliharaan pun menuai berkah. Selama libur Lebaran, banyak tempat jasa penitipan hewan full kapasitas. Tak heran, mereka bisa mendulang untung cukup besar.

Salah satu pelakunya adalah Juaro Petshop & Care yang berlokasi di Bandung. Satiaji, pengelola Juaro Petshop & Care mengaku, order penitipan hewan pada Lebaran tahun ini meningkat sekitar 85% dibandingkan dengan tahun lalu.

Mematok biaya penitipan sebesar Rp 50.000 per hari untuk penitipan satu ekor hewan berjenis anjing atau kucing, Juaro Petshop & Care semakin diminati. Berdiri tahun 2010 silam, tempat penitipan hewan ini mampu menampung 150 hewan. Fasilitas yang didapatkan oleh setiap hewan adalah makan setiap dua kali sehari sesuai dengan kebiasaan hewan tersebut.

Selain itu, hewan akan diajak bermain dan jalan-jalan. Agar hewan semakin nyaman, ruangan antara kucing dan anjing dipisahkan. Juga ada dokter hewan yang akan mengawasi suplemen hewan peliharaan.

"Kami juga menawarkan fasilitas grooming gratis bagi hewan yang dititipkan lebih dari  7 hari," ungkap Satiaji.

Penyedia jasa penitipan hewan lain juga mengaku diuntungkan dengan momen Lebaran. Teguh Iman Santoso, pemilik Meew House di Cempaka Putih, Jakarta Pusat menyebut, menjelang Lebaran banyak yang menitipkan kucing peliharaannya. Hingga kini, ada 90 orang yang menitipkan kucing di Meew House.

Tempat penitipan kucing berkapasitas 130 ekor ini sudah dibuka sejak 17 Juni lalu. Dibanding tahun lalu, order yang masuk meningkat. "Yang menitipkan masih banyak tapi kami sesuaikan kapasitas saja," ujar Teguh.

Pelanggannya tidak hanya dari Jakarta, tapi juga dari Cibubur, Tangerang dan Bekasi. Latar belakang mereka juga beragam,  mulai dari kalangan model, artis, ekspatriat dan lainnya. Harga yang dibanderol untuk biaya penitipan Rp 50.000 per hari.

Teguh juga bilang, ada syarat tertentu untuk pelanggan yang menitipkan kucing. Yaitu, membawa makanan untuk kucing, bertubuh sehat, usia minimal tiga bulan, sudah vaksin dan membawa buku vaksin.

Selain penitipan, ia juga menyediakan jasa memandikan dan menjual makanan organik pakan kucing, pasir, sampo dan vitamin. Selama musim mudik Lebaran ini, omzet yang diperolehnya mencapai Rp 30 juta hingga Rp 40 juta.


Reporter Jane Aprilyani, Maizal Walfajri
Editor Havid Vebri

USAHA IKM

Feedback   ↑ x
Close [X]