kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Memanggang laba Kinan Pizza Mama


Minggu, 08 April 2018 / 11:15 WIB
Memanggang laba Kinan Pizza Mama


Reporter: Tri Sulistiowati | Editor: Johana K.

KONTAN.CO.ID - Berasal dari Italia, pizza berhasil mencuri lidah masyarakat Indonesia. Pemainnya terus bermunculan menyuguhkan keunggulan citarasa masing-masing.  

Salah satunya, Kinan Pizza Mama. Ardiansyah membuka gerai pizza ini pada 2015 di Tuban, Jawa Timur. Gerai pertamanya ini dia buka setelah enam bulan menawarkan pizza secara online.  

Setelah dua tahun berjalan dan sudah membuka satu gerai cabang di Sidoarjo, Ardiansyah mulai menawarkan kemitraan. Kini, sudah ada dua gerai milik mitra yang ada di Kediri dan Blora.  

Ardiansyah menargetkan dapat membuka 20 gerai sepanjang 2018. Ia menawarkan tiga paket kemitraan. Pertama, Paket Home senilai Rp 30 juta. Pada paket ini mitra hanya mendapatkan bahan baku 200 porsi, penggunaan merek dan pelatihan.

Kedua, Paket Delivery senilai Rp 80 juta. Fasilitas bagi mitra adalah mini booth, perlengkapan masak lengkap, bahan baku awal 200 porsi, penggunaan merek usaha dan pelatihan.

Ketiga, Paket Mini Outlet dengan investasi senilai Rp 110 juta. Fasilitasnya sama dengan paket kedua, dengan tambahan dekorasi dan furnitur. Khusus paket ini, mitra wajib menyiapkan lokasi seluas 40 m2 dan empat karyawan. 

Seluruh mitra yang bergabung wajib mengambil bahan baku utama dari pusat. Tujuannya, untuk menjaga kualitas produk serta rasa tetap sama di setiap cabang.

Kinan Pizza Mama menyiapkan 10 macam varian pizza, seperti meat lovers dan chesse lovers. Sebagai tambahan, ada spaghetti dan salad buah.

Harga jual pizza berkisar Rp 35.000 sampai Rp 70.000 per loyang. " Meski harga terjangkau kami menggunakan bahan baku berkualitas untuk menciptakan rasa yang tidak kalah dengan brand besar," katanya.

Ardiansyah pun menghitung, bila total penjualan mitra bisa mencapai 1.000 porsi alias Rp 50 juta saban bulan. Dari perolehan omzet ini, dia pun memperkirakan mitra bisa mengembalikan modal kurang dari setahun. Pasalnya, setelah dikurangi biaya belanja bahan baku dan operasional, porsi keuntungan bersih yang didapatkan mitra sekitar 30% dari omzet.

Untuk mendorong penjualan mitra, manajemen memberikan pendampingan serta fasilitas digital marketing selama setahun. Selain itu, kontrol berkala dan sistem online pun digunakan untuk memastikan usaha mitra tetap berjalan baik.

Djoko Kurniawan, Konsultan Bisnis menilai potensi usaha kuliner dengan menu pizza masih bagus karena generasi milenial menyukai kudapan ini. Djoko mengingatkan untuk memperhatikan dan mempertahankan standarisasi makanan dan pelayanan. Sistem kontrol untuk mitra juga harus diatur dengan baik, serta program pendampingan mitra secara berkenajutan juga harus dilaksanakan sesuai jadwal.

Lainnya, untuk mengundang konsumen baru ada baiknya tim manajemen dan mitra sama-sama melakukan promosi misalnya pemberian harga spesial dan voucher. Sedangkan, untuk membuat konsumen menjadi loyal harus menjaga komunikasi dan kedekatan.        

Kinan Pizza Mama
Ruko Andalusia Blok K3
Jl. Basuki Rahmad, Tuban
HP. 081333331680

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×