kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Memanggang lezat peluang Pizza Prank


Kamis, 12 April 2018 / 11:45 WIB
Memanggang lezat peluang Pizza Prank


Reporter: Tri Sulistiowati | Editor: Johana K.

KONTAN.CO.ID - Pizza memang sudah tak asing dengan lidah orang Indonesia. Di Jakarta, hampir di setiap kawasan bisa ditemui gerai pizza. Mulai cabang dari jejaring perusahaan makanan siap saji, gerai dengan booth sederhana di halaman minimarket.  

Pemandangan ini menjadi bukti luasnya pasar pizza. Budi Santoso pun tak menyiakannya. Ia membuka gerai Pizza Prank di Jakarta, pada Februari 2017 lalu.  

Selang enam bulan setelah berdiri gerai pertamanya, Budi mendapati permintaan kemitraan berdatangan. Lantas, dia membuka tawaran kemitraan. Kini, sudah ada dua mitra yang bergabung, yakni di Bandung, Jawa Barat dan Semarang, Jawa Tengah.

Menyasar konsumen kalangan menengah, harga jualnya satu porsi atau satu loyang pizza ini mulai dari Rp 23.000 sampai Rp 55.000. Pizza Prank menyajikan 26 varian menu,  beberapa diantaranya, pizza lipat dan pizza turki.

Salah satu nilai lebihnya, pizza ini merupakan adaptasi resep pizza ala Jepang. "Kami menggunakan resep pizza dari Jepang yang sudah disesuaikan dengan lidah orang Indonesia," kata Budi.

Paket kemitraan Pizza Prank ditawarkan senilai Rp 150 juta. Fasilitas yang didapatkan mitra adalah penggunaan merek usaha, perlengkapan masak lengkap, branding, pelatihan, dan sistem kasir.

Mitra hanya perlu menyiapkan tempat dengan luas minimal 4x15 m2, plus 10 sampai 12 karyawan. Selain itu, mitra juga harus menyediakan modal awal untuk pembelian bahan baku senilai Rp 10 juta.
Kerjasama ini mengenakan biaya royalti sebesar 3% dari omzet saban bulannya. Agar kualitas terjaga dan rasa tetap sama seperti gerai pusat, gerai mitra wajib membeli bahan baku dari pusat.

Budi menargetkan total penjualan mitra mencapai Rp 5 juta per hari. Dengan porsi keuntungan bersih sekitar 20%-22% dari omzet, diperkirakan dalam waktu satu tahun modal kembali. Untuk mendukung penjualan mitra, tim manajemen membantu promosi melalui media digital serta menjalin kerjasama dengan korporasi.

Djoko Kurniawan, menilai potensi usaha pizza sangat bagus, apalagi bila dibuat dengan gaya kekinian. Alasannya, makanan khas Italia ini banyak disukai oleh generasi milenial dan dianggap sebagai makanan modern.

Seperti bisnis kebanyakan, bila ingin eksis dan langgeng pemilik brand harus memperhatikan bentuk, rasa, kemasan, dan menciptakan suasana yang menyenangkan sehingga konsumen mau datang.
Lainnya, saat mitra mulai bertambah banyak, tim manajemen harus bekerja ekstra keras dengan memperhatikan quality control produksi dan pelayanaan. Audit pun harus dilakukan secara berkala.              

Pizza Prank
Jl. Teluk Gong Raya No. 11 I Penjaringan, Jakarta Utara
Telp. (021) 22664470

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×