kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,51   7,16   0.77%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Memantik peluang bisnis sosis bakar


Senin, 20 Juni 2016 / 14:44 WIB
Memantik peluang bisnis sosis bakar


Reporter: Elisabeth Adventa | Editor: Rizki Caturini

Sosis termasuk makanan olahan daging yang sangat populer di masyarakat. Bukan saja untuk pelengkap bahan masakan, kini sosis bisa menjadi alternatif camilan. Bahkan belakangan ini, camilan sosis semakin banyak penggemarnya.

Besarnya potensi pasar camilan sosis mendorong banyak orang terjun ke bisnis ini. Salah satunya adalah Provi Setia Gunadi yang merintis bisnis camilan sosis dengan konsep kedai. Mengusung brand Kedai Sosis Propie sejak Juni 2014, kini kedai sosis miliknya tengah membuka peluang kemitraan. "Tawaran kemitraan baru kami buka Mei 2016," terangnya.

Karena tergolong baru, kedai sosis asal Bekasi Timur, Jawa Barat, ini belum memiliki mitra. Ada tiga gerai pusat yang baru berdiri di Bekasi. Ketiga gerai itu memiliki dua konsep, yakni kedai biasa dan foodtruck.

Kedua konsep ini juga yang ditawarkan dalam paket kemitraan mereka. Terdapat dua paket investasi, yakni paket kedai sebesar Rp 40 juta dan paket food truck
Rp 150 juta. Mitra mendapatkan fasilitas kerjasama brand selama dua tahun, peralatan usaha, set up tempat usaha, marketing, pelatihan karyawan, dan bahan baku awal senilai Rp 5 juta. "Yang paket kedai nanti dapat booth. Sementara paket food truck nanti dapat mini truck," ujar Propi, sapaan akrab Provi Setia Gunadi.

Propi tidak menarik biaya royalti. Hanya, mitra wajib membeli bahan baku sosis, bumbu, saus dan packaging di pusat. Kedai Sosis Propie menawarkan beragam varian sosis daging sapi berbagai ukuran. Penyuguhannya ada yang dibakar dan digoreng.

Bukan hanya sosis, Propi juga menawarkan menu lain seperti mie goreng pedas, bubur ayam, es sarang burung dan lainnya. "Tapi menu andalan tetap sosis bakar. Nanti mitra juga saya bebaskan jika ingin berjualan menu di luar sosis," ujarnya.

Ia mengklaim, sosis buatannya punya citarasa saus yang berbeda dari camilan sosis kebanyakan. Terdapat dua saus andalan hasil racikannya, yakni saus barberque dan saus pedas manis. Semua menu di Kedai Sosis Propie dibanderol mulai Rp 5.000-Rp 25.000.

Omzet 60 juta

Dalam satu hari, Propi mengaku dapat mengantongi Rp 2 juta-Rp 3 juta dari menu sosis saja. Praktis dalam sebulan, rata-rata omzet mencapai Rp 60 juta-Rp 90 juta. "Saat akhir pekan, bisa dua kali lipat," ujarnya

Levita Supit, Ketua Umum Perhimpunan Waralaba dan Lisensi Indonesia (WALI) mengatakan, bisnis dengan konsep food truck cukup prospektif karena menghampiri pembeli langsung. Meski tergolong jenis bisnis baru di Indonesia, konsep food truck bisa lebih bebas memilih lokasi sesuai target pasar.

Untuk perpindahan food truck harus disesuaikan antara lokasi dan waktu. Misal pagi di perumahan, siang di sekolah, sore di daerah dengan fasilitas olah raga. Jadi bisa menjangkau semua segmen. "Untuk sosis dan sausnya sendiri harus spesial agar konsumen tak bosan," ujarnya.        n

Kedai Sosis Propie        

Jl Agus Salim No 128-129, Bekasi Timur, Jawa Barat
Telp. 081807480999

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×