kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Memberi makanan berlebih lewat Gifood


Jumat, 03 Mei 2019 / 21:17 WIB
Memberi makanan berlebih lewat Gifood


Reporter: Ratih Waseso | Editor: Markus Sumartomjon

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bagi Anda yang memiliki makanan berlebih, tak perlu merasa bersalah lagi lantaran harus membuangnya. Kini, Anda bisa, lo, menyalurkan makanan berlebih melalui platform Gifood.id.

Platform penyalur makanan berlebih tersebut buatan Fathin Naufal Nur Islam bersama teman-temannya dan dirilis pertengahan 2017. Dengan investasi dari dompet para founder, Gifood.id bisa merangkul 4.000 pengguna di tahun pertama.

Hingga saat ini, Gifood.id memiliki lima hingga sepuluh mitra alias mereka yang memberikan makanan berlebih. Mulai toko roti, katering, hingga hotel.

"Tidak tentu, kapan mereka ada makanan. Tapi sudah fix, kalau mereka (punya makanan) berlebih akan berbagi ke kami," kata Naufal yang juga Chief Executive Officer (CEO) Gifood.id, kepada KONTAN.

Gifood.id, Naufal menjelaskan, tidak membatasi orang maupun jumlah makanan termasuk lokasinya. Anda yang ingin berbagi makanan berlebih, tinggal mengirimkan foto makanan, lokasi, hingga jumlah makanan melalui Line Gifood.id atau Web App. Kemudian, Gifood,id akan menyebarkan informasi tersebut kepada para pengguna.

Rencananya, Gifood merambah ke bisnis makanan murah, setelah berhasil dalam penjualan merchandise. Sehingga, kelak ada dua pilihan bagi mereka yang ingin menyalurkan makanan berlebih. Yakni, membagikan secara gratis atau menjual melalui Gifood.id dengan harga murah.

Jika ingin menjual dengan harga yang murah, Gifood.id bakal mengenakan komisi sebesar 5%-10% dari harga jual. "Launching fitur jual makanan murah tahun ini, kemungkinan Juni-Juli," sebut Naufal.

Tak hanya itu, Naufal berharap Gifood.id bisa memperluas layanan hingga ke seluruh Pulau Jawa, dari saat ini baru Yogyakarta dan Semarang saja. Jika tercapai, maka Gifood.id membantu mengurangi banyaknya makanan yang terbuang sia-sia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×