kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Menakar nikmat laba olahan Echo Chicken


Minggu, 20 Mei 2018 / 16:05 WIB
Menakar nikmat laba olahan Echo Chicken


Reporter: Tri Sulistiowati | Editor: Johana K.

KONTAN.CO.ID - Usaha kuliner olahan ayam terus berkembang. Maklum, rasanya yang gurih dan harga terjangkau membuat menu ini menjadi favorit para konsumen.

Melihat potensi pasar yang masih besar, Endrianta menjajal kemampuannya berbisnis olahan daging ayam. Pada 2016 lalu, ia membuka gerai Echo Chicken di Yogyakarta. Di gerainya, Endrianta menyajikan beragam menu berbasis ayam, yakni ayam geprek, chicken steak dan chicken katsu.

Kini, dia telah memiliki dua cabang Echo Chicken di Yogya. Lantas, akhir 2017, Endrianta pun mulai menawarkan kemitraan, usai melakkan uji pasar dan standarisasi produk.

Endrianta bilang, sudah ada tiga calon mitra yang ingin bergabung. Pada tahap awal ini, dia ingin fokus menggarapa pasar di kota gudeg ini.  

Menyasar konsumen kalangan menengah kebawah, Endrianta menjual menu olahan ayam ini mulai Rp 7.500-Rp 15.000 per paket. Ada sembilan menu masakan yang disiapkan oleh Echo Chicken.

Endrianta mengklaim, kelebihan gerainya terletak pada citarasa saus yang lezat karena dibuat sesuai resep analannya. "Selain itu, semua menu juga akan mendapat tambahan kremes," katanya.

Echo Chicken menawarkan dua paket kemitraan. Pertama, paket Rp 25 juta dengan fasilitas perlengkapan gerai, termasuk displai ayam, branding, dan dekorasi gerai. Kedua, paket Rp 50 juta dengan fasilitas perlengkapan gerai termasuk etalase ayam, empat set meja kursi, branding, sistem penjualan dan pelatihan.

Perlu dicatat, mitra harus menyiapkan tambahan modal untuk membeli bahan baku produksi awal. Endrianta mengatakan, besarnya dana tambahan ini sektiar Rp 25 juta. Selain itu,  mitra juga harus menyiapkan ruang seluas 5x2 m² plus enam  karyawan. Mitra juga wajib mengambil sebagian bahan baku dari pusat untuk menjaga standar rasa dan produk.

Berdasarkan perhitungan Endrianta, dalam waktu satu tahun mitra sudah bisa balik modal. Dengan catatan, total penjualan bisa mencapai Rp 1,4 juta per hari. Setelah dikurangi biaya bahan baku dan operasional, porsi keuntungan bersih yang bisa dikantongi mitra masih sebesar 30% dari omzet per bulan.

Sepanjang tahun 2018 ini, Endrianta menargetkan untuk membuka 10 cabang lagi. Untuk memenuhi targetnya itu, Endrianta telah menjalin kerjasama dengan perbankan yang bisa membantu dalam permodalan.

Djoko Kurniawan, Konsultan Usaha menilai bisnis kuliner ayam memang selalu jadi primadona di Indonesia. Sampai saat ini pasar belum jenuh karena sangat besar.

Ia pun menyarankan agar manajemen mengajarkan sistem, standar operasional dan training yang lengkap. Pastikan manajemen siap saat mendapatkan mitra.    
          
Echo Chicken
Jl. Godean KM 10 Sleman
Yogyakarta
HP. 081392515513

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×