kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Menakar tawaran bisnis game online


Rabu, 20 Januari 2016 / 15:22 WIB
Menakar tawaran bisnis game online


Reporter: Elisabeth Adventa | Editor: Tri Adi

Satu lagi tawaran kemitraan usaha game online. Kali ini datang dari Sinarzone.com di Surabaya. Paket investasi Rp 138 juta dan Rp 151 juta. Perbedaan fasilitas usaha dari jumlah unit komputer yang didapat. Targetnya, mitra bisa balik modal sekitar dua tahun.

Masyarakat kini makin mudah mengakses internet di komputer tablet maupun ponsel pintar. Tapi ini tidak membuat prospek bisnis game online surut, terutama di daerah-daerah. Simak saja salah satu pelaku usaha game online dari Surabaya bernama Wahyu Jatmiko yang mengusung merek usaha Sinarzone.com. Usaha ini sudah berdiri sejak 2012 silam. Untuk mengembangkan gerai, Wahyu mulai menawarkan kemitraan usaha sejak awal 2016. Lantaran masih anyar menawarkan kemitraan, belum ada mitra bergabung.

Ada dua macam paket investasi yang ditawarkan, yakni paket Rp 138 juta dan paket Rp 151 juta. Fasilitas yang didapat mitra untuk paket Rp 138 juta adalah 17 unit komputer, termasuk untuk satu operator, dan satu server, perlengkapan seperti meja, kursi, AC, mini cafe untuk bisa menjual makanan ringan dan minuman, voucer game, promosi, pelatihan karyawan, dan instalasi peralatan.

Adapun untuk paket Rp 151 juta akan mendapat lebih banyak komputer yakni 22 unit, berbagai perlengkapan usaha serta fasilitas lain yang sama dengan paket pertama. Biaya investasi di luar sewa tempat usaha. Untuk paket Rp 138 juta minimal luas tempat usaha sekitar 40 m² dan paket Rp 151 juta minimal 50 m².

Kontrak investasi tersebut berlaku selama 4 tahun. Setelah itu mitra bisa memperpanjang kontrak dengan membayar biaya perpanjangan Rp 20 juta untuk 4 tahun ke depan.

Disokong bisnis lain

Tarif jasa game online Rp 2.500 per jam. Wahyu menerapkan sistem bagi hasil. Jika omzet mitra telah mencapai Rp 10 juta–Rp 15 juta sebulan, bagi hasil 10% dari omzet. Jika lebih dari Rp 15 juta, bagi hasil 12% dari omzet. Selain dari jasa sewa game online, "Pendapatan mitra juga berasal dari penjualan makanan dan minuman di mini cafe, penjualan voucer game dan pulsa telepon," kata Wahyu.

Bagi hasil dari penjualan makanan dan minuman, voucher game dan pulsa telepon sebesar 3%. Selain itu, ada pula biaya operasional yang harus dibayarkan mitra sebesar Rp 500.000 per bulan.

Wahyu menaksir. omzet untuk paket Rp 138 juta bisa mencapai Rp 18,5 juta per bulan untuk jasa game online, makanan, voucher game dan jual pulsa. Sementara untuk paket Rp 151 juta, target omzet keseluruhan mencapai Rp 23 juta per bulan.

Wahyu menjelaskan, kelebihan tawaran kemitraannya adalah adanya sistem software yang memungkinkan mitra usaha bisa melihat seluruh transaksi sehingga semua transparan.

Menurut Amir Karamoy, Ketua Komite Tetap Waralaba dan Lisensi Kadin, bisnis game online masih memiliki prospek baik asal disokong juga dengan bisnis pendamping lain, seperti kafe untuk menjual makanan. Sehingga omzet yang didapat bisa lebih besar. Selain itu, lokasi usaha juga penting yakni tempat anak muda berkumpul sebagai target utama.   


Sinarzone.com          
Jl. Abdul Karin No.73, Gunung Anyar, Surabaya  
HP: 085748822888

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×