kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,34   -28,38   -2.95%
  • EMAS1.321.000 0,46%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Menakar wangi gerai bahan baku laundry


Selasa, 06 Juni 2017 / 17:05 WIB
Menakar wangi gerai bahan baku laundry


Reporter: Nisa Dwiresya Putri | Editor: Havid Vebri

JAKARTA. Kian padatnya aktivitas masyarakat kota, terus mengerek kebutuhan jasa binatu atau laundry. Berbagai peluang usaha pun terkembang dari bisnis ini. Salah satunya, usaha penyediaan cairan pembersih, pewangi, dan pelicin pakaian.

Seperti produk yang ditawarkan oleh Tritunggal Chemical Global. Sejak 2013, usaha yang didirikan oleh Ahmad Zain ini menawarkan chemical khusus laundry. Produknya berupa detergen, parfum laundry, softener, dan bahan lain yang diperlukan dalam proses laundry.

Sejak pertama kali berdiri,  Tritungal Chemical Laundry langsung menawarkan peluang menjadi distributor dan keagenan. Kini, sudah ada 40 distributor yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia.

Ada beberapa syarat untuk dapat menjadi mitra Tritunggal Chemical Laundry. Salah satunya, memenuhi minimal order pemesanan. Zain bilang, untuk level distributor, mitra harus membeli produk minimal senilai Rp 5 juta. “Kalau wilayah luar jawa minimal Rp 10 juta,” jelasnya.

Sementara, untuk level agen, Zain mematok modal awal yang lebih rendah. Minimal agen membeli produk seniali Rp 1 juta-Rp 3 juta di awal. Besarnya modal ini ditentukan jarak lokasi agen dengan distributor terdekat. Selain produk chemical, investasi awal ini mencakup fasilitas lain, seperti media promosi, tester pewangi, serta peralatan penunjang seperti software dan nota penjualan.

Distributor dan agen sama-sama memiliki hak untuk menjual produk-produk chemical laundry. Bedanya distributor juga berhak merekrut agen. Harga jual produk chemical laundry  berkisar Rp 35.000 hingga Rp 150.000 per lima liter. “Kalau parfum itu kisaran Rp 90.000-Rp 150.000, pembersih atau detergen itu Rp 30.000-Rp 50.000,” ujar Zain.

Seluruh keuntungan dari penjualan produk berhak menjadi milik mitra. Pusat tak memungut biaya kerjasama. Dengan demikian, targetnya mitra balik modal dalam waktu lima bulan.

Kerjasama antara distributor dan agen tak diikat oleh jangka waktu tertentu.  Artinya, mitra dan pusat masih terikat kerjasama selama mitra masih memasok bahan baku dari pusat.

Meski demikian, Zain bilang pihaknya akan tetap memberikan support system untuk mitra. Selain pemantauan, Zain juga membantu mitra untuk melakukan promosi lewat website resmi Tritunggal Chemical Laundry.

Demi penjualan yang bagus, Zain menyarankan agar mitra di level distributor tetap memiliki kios sendiri. “Tapi perlu pula ditunjang dengan online dan kalau mau door to door juga bagus,” ujar Zain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×